Jumat, 28 November 2014

/ Megapolitan

Polisi Selidiki Ledakan Gas di Durenjaya

Sabtu, 16 Oktober 2010 | 15:22 WIB

BEKASI, KOMPAS.com — Pihak Polsek Metro Bekasi Timur membawa sebuah tabung gas ukuran 3 kilogram yang diduga bocor dan mengakibatkan ledakan di rumah pasangan suami-istri pedagang nasi uduk di Kampung Pedurenan, Durenjaya, Bekasi Timur, pada Sabtu (16/10/2010) pagi. Polisi juga memeriksa beberapa saksi terkait peristiwa tersebut.

Kepala Polsek Metro Bekasi Timur Ajun Komisaris R Hari Purnomo mengatakan, ledakan itu diduga terjadi akibat kebocoran pada tabung gas ukuran 3 kg. "Bukan karena tabung gas yang meledak karena tabungnya sendiri masih utuh. Yang terjadi adalah ledakan yang diduga akibat kebocoran gas," kata Ajun Komisaris R Hari Purnomo.

Sebagai informasi, sebuah ledakan dan kebakaran kecil terjadi di dalam dapur rumah Rismawan, Jalan Moh Yamin, Kampung Pedurenan, Durenjaya, Bekasi Timur, Sabtu pagi tadi. Rismawan dan istrinya, Koni Yuningsih terluka bakar. Suami-istri yang sehari-hari berdagang nasi uduk itu harus dirawat di rumah sakit akibat ledakan tersebut.

Menurut Koni, pagi tadi dia dan suaminya sedang memasak di dapur. Mereka menggunakan dua kompor, masing-masing kompor dipasangi satu tabung gas ukuran 3 kg. Salah satu kompor padam karena gasnya habis. Rismawan kemudian mengganti tabung gas yang kosong.

Tabung gas pengganti, yang baru dibuka segelnya, tiba-tiba mengeluarkan gas padahal regulatornya belum dipasang. Rismawan lantas mengeluarkan tabung gas yang diduga bocor itu.

"Karena ada gas bocor, saya langsung mematikan kompor. Bapak membawa tabung yang keluar gas itu keluar dapur," kata Koni ketika ditemui di rumah sakit.

Tanpa diduga, api menyambar ke tabung gas yang sedang dibawa Rismawan keluar dapur. Sambaran api tersebut juga mengenai Koni yang masih di dapur. "Saya kaget karena api sudah menyambar saya. Lalu ada ledakan," ujar Koni.

Suami-istri itu terluka bakar. Rismawan terluka bakar di wajah, kedua tangan, dan kedua kakinya. Kondisi serupa dialami Koni. Selain melukai suami-istri itu, sambaran api juga tampak menghanguskan langit-langit dapur di rumah Koni.


Editor : I Made Asdhiana