Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pagaralam Menjadi Tujuan Wisata Sejarah

Kompas.com - 01/11/2010, 17:52 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

PAGARALAM, SUMSEL, KOMPAS.com - Wisata sejarah akan terus dikembangkan agar menjadi salah satu andalan Kota Pagaralam, Sumatera Selatan. Hal ini diungkapkan Wakil Wali Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, Hj Ida Fitriati M Kes, di Pagaralam, Minggu (31/10/2010).

"Selain memiliki keindahan alam yang menakjubkan, di Pagaralam juga banyak ditemukan peninggalan purbakala yang telah berusia ribuan tahun," kata Ida.

Secara geografis, Kota Pagaralam terletak antara 4 derajat Lintang Selatan (LS) dan 15 derajat Bujur Timur (BT), suhu udara berkisar antara 20-28 derajat Celcius dan curah hujan antara 1.462 hingga 5.199 mm per tahun. Daerah ini terletak pada jalur Bukit Barisan dengan luas wilayah 63.336 ha, dan jumlah penduduk mencapai 126.340 jiwa. Kota Pagaralam di sebelah timur, barat, dan utara berbatasan dengan Kabupaten Lahat, sedangkan sebelah selatan dengan Provinsi Bengkulu. Pagaralam memiliki lima kecamatan dan 35 kelurahan yang ditetapkan menjadi kota otonom pada 21 Juni 2001.

Menurut Ida, Pagaralam merupakan salah satu kota tujuan wisata andalan di Sumatera Selatan (Sumsel) dengan motto bersih, sejuk, aman dan ramah (Besemah). Motto itu sesuai dengan kesejukan iklim dan kesuburan alam yang menjadi salah satu modal pengembangan potensi wisata yang luar biasa di Pagaralam.

Daerah ini memiliki potensi wisata alam yang bernilai jual tinggi meliputi panorama keindahan alam Gunung Dempo, hutan, dan ratusan air terjun yang tersebar pada lebih 30 titik. Selain itu, Pagaralam mempunyai ribuan situs purbakala. Belum lagi kota ini memiliki seni dan budaya Besemah yang juga dapat menarik wisatawan.

"Pembangunan sektor pariwisata menjadi prioritas utama di Kota Pagaralam," ujar Ida.

Ida menambahkan sesuai dengan visi dan misinya, Pagaralam juga merupakan kota agrobisnis dan pariwisata bernuansa Islami yang didukung dengan potensi alamnya. Pemkot setempat telah melakukan berbagai terobosan untuk menjadikan pariwisata sebagai salah satu sektor utama penggerak ekonomi kerakyatan.

"Kalau semua keunggulan di sektor pariwisata sudah dikembangkan, diharapkan dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat, selain bidang pertanian atau agrobisnis," katanya.

Dalam hal peninggalan sejarah, Pagaralam sudah cukup terkenal bukan saja di kawasan Eropa, tapi juga di kawasan benua Amerika. Buktinya hampir setiap tahun terdapat wisatawan mancanegara dari negara tersebut yang melakukan penelitikan tentang megalit atau situs purbakala, seperti dari Amerika Serikat, Belanda, Kanada, dan Australia.

Benda bersejarah yang sudah ditemukan di Pagaralam, papar Ida, antara lain arca manusia dalam berbagai bentuk, kubur batu, candi batu tulis, kursi batu, ranjang batu, dolmen, menhir, termasuk penemuan kampung megalit di Kecamatan Dempo Selatan.      Namun Pagaralam saat ini masih perlu melakukan pembenahan dalam berbagai bidang untuk mendukung pengembangan wisata sejarah. Termasuk berjuang agar masuk menjadi kawasan cagar budaya. Pemkot setempat juga berupaya meningkatkan pembangunan infrastruktur pedesaan.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com