Jumat, 22 Agustus 2014

/ Travel

Wisata Jepang

Bercengkrama Bersama Rusa di Nara Park

Jumat, 17 Juni 2011 | 08:38 WIB

NARA, KOMPAS.com - Musim panas di Jepang sudah menjelang. "Ngadem" di taman bisa menjadi pilihan menyenangkan jika Anda berkesempatan mengunjungi Negeri Sakura itu pada Juni-Agustus ini. Salah satunya yang bisa dikunjungi adalah Nara Park di Prefektur Nara, wilayah Jepang barat.

Nara dikenal sebagai kota taman. Terletak di bawah kaki Gunung Wakakusa, Nara Park dipenuhi dengan pohon besar, dengan kuil-kuil dan telaga indah di dalamnya. Salah satu daya tarik Nara Park adalah ribuan rusa jinak yang bebas berkeliaran di seluruh penjuru taman.

Mereka berjalan pelan di antara pengunjung, tanpa takut atau lari saat didekati. Bahkan, mereka langsung bergerombol mendekat jika ada pengunjung yang membagikan biskuit rusa. Biskuitnya tersedia di kotak-kotak yang terdapat di beberapa titik di Nara Park dan bisa dibeli pengunjung.

"Hati-hati, kadang-kadang rusa itu agak agresif kalau kita bawa biskuit. Mereka belum mau pergi kalau belum habis biskuit kita," kata Abi Irawaty, pemandu dari Hanatour yang mendampingi rombongan wartawan Indonesia ke Nara Park.

Rombongan anak sekolah dan turis silih berganti masuk ke Nara Park. Memberi makan rusa, memotret rusa-rusa dengan segala tingkahnya, termasuk berfoto bersama rusa-rusa itu menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung.

Konon, rusa-rusa itu dianggap suci karena merupakan titisan salah satu dewa Kuil Kasuga, Takenomikazuchi-no-mikoto. Sampai tahun 1637, membunuh rusa di Nara Park bisa diancam hukuman mati. Setelah Perang Dunia II, rusa-rusa itu tidak lagi dianggap suci, tetapi tetap menjadi hewan yang dilindungi.

Saat ini ada lebih dari 1.200 rusa yang hidup di taman seluas 502 hektar itu. Nara Park dibangun tahun 1880. Selain Kuil Kasuga, ada Kuil Todai-ji dan Kuil Kofuku-ji yang merekam jejak sejarah Jepang pada masa awalnya. Nara merupakan ibu kota pertama Jepang.

Lelah berkeliling? Duduk di bawah pohon rindang di tepi telaga bisa menjadi pelepas lelah sambil menikmati ketenangan yang menyegarkan.

Nara Park bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar lima menit dari Kintetsu Nara Station atau 20 menit dari JR Nara Station. Nara Park juga bisa dicapai dengan naik bus.


Editor : A. Wisnubrata