Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Salatiga, Mampir ke Toko Sepeda!

Kompas.com - 20/07/2011, 09:15 WIB

SALATIGA, KOMPAS.com - Bertandang ke Kota Salatiga, biasanya yang diserbu adalah pertokoan yang menjual berbagai jenis oleh-oleh khas seperti enting-enting gepuk, getuk kethek, hingga keripik belut, yang menjadi ciri khas kota tersebut. Namun, Tim Gowes Jurnalistik: Pantau Jalur Mudik Jakarta-Surabaya 2011 memilih menyinggahi tempat yang berbeda, saat melintasi Salatiga dalam perjalanan menuju check pointterakhir di Surabaya. Mau tahu tempat apa yang menjadi tujuan? Aha, Toko sepeda!

Sesampainya di Salatiga, Tim Gowes langsung meluncur ke Jalan Pattimura 43, Kelurahan Salatiga, Kecamatan Sidorejo untuk menuju toko sepeda ZZ Cycles milik Kurniawan. Awalnya, tim tak mengira, di ujung gang kecil di tengah jalan itu, ada sebuah rumah lengkap dengan pendopo nyaman yang dijadikan toko dan bengkel bagi penggemar sepeda gunung (mountaint bike), khususnya tipe downhill.

"Saya awalnya hanya fokus ke usaha minimarket saja. Dan toko ini juga awalnya cuma iseng-iseng saja, jadi mau laku mau eenggak, ya tidak apa-apa. Karena dulu tempat ini sering dijadikan tempat kumpul-kumpul para komunitas MTB (mountain bike), dan kebetulan saya juga hobi bersepeda," ujar pemilik toko yang memiliki nama panggilan Shawor ini ketika menyambutTim Gowes Jurnalistik, Selasa (19/7/2011) sore.

Lebih lanjut, Kurniawan mengungkapkan, usahanya itu berlanjut seiring dengan berkembang pesatnya komunitas sepeda gunung di Salatiga. Pria dua anak itu menuturkan, saat ini lebih kurang terdapat 40 komunitas sepeda dari berbagai cabang di "Kota Keripik" tersebut.

"Kalau komunitas cabang downhill, mereka biasanya bermain di Gunung Merbabu. Nah, loading-nya itu biasanya dari tempat saya ini, setelah itu turunnya juga pasti ke sini, ngumpul-ngumpulnya," kata Kurniawan.

Di toko yang pertama kali dibuka pada 2005 ini, berbagai jenis sepeda gunung, sparepart hingga perlengkapan bersepeda dijual sangat lengkap. Mulai dari frame, velg, ban, helm, sepatu, sarung tangan, jersey khusus gowes, hingga mud fender (penahan lumpur) pun ada. Di toko itu juga menyediakan jasa untuk antar-kirim sepeda ke beberapa kota di Indonesia.

"Kita juga merentalkan sepeda tipe downhill, atau kalau ingin merakit, bisa kita bantu carikan komponen-komponen pesanannya," tambahnya.

Marta Murfeni, pebalap profesional yang ikut dalam Tim Gowes Jurnalistik, mengatakan, toko milik Kurniawan itu sudah terkenal di kalangan pegowes. Pasalnya, Kurniawan sendiri adalah salah satu pebalap cabang downhill ternama di daerah tersebut, yang memiliki banyak prestasi.

"Ya, tidak hanya dari Salatiga saja, komunitas-komunitas sepeda di Jakarta dan daerah lainnya, toko ini pun sudah banyak dikenal, seperti enting-enting gepuk Salatiga," kata Marta.

Jadi, bagi Anda penggemar sepeda gunung yang sedang mengunjungi Kota Salatiga, bisa mampir ke toko milik Kurniawan ini. Selain memiliki komponen dan perlengkapan MTB yang lengkap, tempatnya juga sangat nyaman dengan pendopo yang cukup luas. Untuk harga, Kurniawan berjanji akan memberikan harga terbaik untuk setiap penawaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com