Jumat, 25 Juli 2014

/ Travel

Gowes Jurnalistik 2011

Bakso Berbalut Tahu Khas ''Ibu Pudji"

Rabu, 20 Juli 2011 | 15:25 WIB

Berita Terkait

UNGARAN, KOMPAS.com - Jika Anda tengah melintas jalur selatan dari Semarang ke Solo atau Semarang ke Yogyakarta, tak ada salahnya untuk mampir ke pusat oleh-oleh Tahu Baxo Ibu Pudji Ungaran. Salah satu destinasi kuliner di kota Ungaran ini menawarkan makanan khas yakni tahu bakso dengan citarasa yang berbeda dengan tahu bakso umumnya. 

"Tahunya rapi, bentuknya rata dan baksonya rapet. Rapi, rapet dan rata itu yang membedakan dengan tahu bakso yang lain di Ungaran ini," ungkap Haryo, supervisor Tahu Baxo Ibu Pudji di outletnya di Jalan Letjen Suprapto Nomor 24 Ungaran. 

Keistimewaan dari tahu bakso ibu Pudji selain bentuknya yang menarik, juga rasa yang gurih dan tidak terlalu asin. Baksonya tidak sekadar hiasan atau cuma menempel di tahu, tapi mulai dari gigitan awal sampai terakhir terasa nikmatnya. Umumnya, tahu bakso itu dibeli para pelanggan untuk oleh-oleh. Satu bungkus tahu bakso basah berisi 10 biji harganya Rp 18 ribu, sedangkan tahu bakso goreng Rp 20 ribu. 

Untuk menjaga kualitas, kata Haryo, pihaknya membuat sendiri tahu maupun baksonya. 'Kami punya pabrik tahu dan bakso yang cukup higienis dan modern. Kami produksi dengan menggunakan air dari mata air gunung Ungaran,' ungkap Haryo, seraya menegaskan bahwa pembuatan tahu sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet seperti formalin. 

Penulisan bakso bukan dengan huruf 'K' melainkan 'X' semata-mata hanya untuk membedakan dengan tahu bakso lainnya. Maklum, saat ini di Ungaran sedikitnya ada 50-an tahu bakso bermerk dan ratusan lainnya yang dijual di pasaran. Pemilik merk 'Tahu Baxo Ibu Pudji' adalah Sri Lestari (50) istri dari Pudjianto yang kali pertama mengenalkan kreasi makanan paduan antara tahu dan bakso ini sehingga menjadi terkenal. Bahkan, sekarang ini menjadi makanan khas kota Ungaran. 

Saat ini outlet "Tahu Baxo Ibu Pudji' juga ada di Jalan Sukarno Hatta-Wujil Ungaran, tepat di Jalan Raya Semarang-Solo. Selain tahu bakso dan aneka oleh- khas Ungaran lainnya, di sini pembeli juga bisa menikmati aneka bakso kuah yang disajikan secara prasmanan. Sementara, outlet yang terletak di Jalan Letjen Suprapto, pada musim lebaran tahun ini akan mudah sekali dijangkau oleh pemudik lantaran posisinya yang berada di Interchange Tol Semarang-Ungaran. 

"Tahu Baxo Bu Pudji" sengaja tak membuka cabang di luar kota Ungaran. 'Biar menjadi 'klangenan' karena hanya di Ungaran saja bisa didapat,' kata Haryo.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Glori K. Wadrianto