Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Tas yang Tepat untuk Perjalanan

Kompas.com - 29/09/2011, 15:50 WIB

KOMPAS.com - Seringkali saat hendak melakukan perjalanan panjang dalam rangka berwisata, kita kebingungan menentukan tas yang akan digunakan. Pemilihan jenis tas sebenarnya akan berpengaruh terhadap kenyamanan selama perjalanan.

Lebih-lebih, pemilihan tas harus sesuai dengan barang yang akan dibawa dalam perjalanan. Berikut ini ada jenis-jenis tas yang memang disesuaikan untuk perjalanan wisata.

Carrier. Merupakan tas ransel yang cocok untuk perjalanan panjang karena mudah dibawa kemana-mana. Sebelum perjalanan, pilih ukuran carrier sesuai kapasitas barang yang akan dibawa. Misalnya, untuk perjalanan singkat bisa menggunakan carrier kapasitas 30-40 liter.

Namun jika perjalanan cukup panjang dan membutuhkan menginap, ransel ukuran 50 liter dirasa cukup. Dalam memilih carrier usahakan yang sesuai dengan proporsi tubuh dengan tali bahu yang nyaman. Akan lebih baik jika ada bantalan punggung yang memilik rongga udara di antara tas dan punggung untuk memberikan ruang sirkulasi udara.

Untuk mengepak barang-barang dalam carrier harus dengan strategi tertentu, barang yang berat sebisa nungkin ditempatkan di bagian paling atas. Sementara barang yang ringan ditaruh di bagian bawah, hal tersebut dilakukan karena kemampuan pundak untuk menahan berat lebih baik daripada kemampuan pinggang dan punggung.

Daypack. Daypack adalah jenis ransel dengan kapasitas memuat barang 18-24 liter. Dipakai untuk perjalanan yang tidak membutuhkan waktu lama. Seringkali, daypack juga digunakan sebagai tas pendamping carrier untuk menyimpan barang-barang yang sering diambil saat perjalanan. daypack bisa digunakan untuk membawa botol minum, makanan, travel wallet, atau dokumen perjalanan.

Daypack yang nyaman untuk dibawa saat perjalanan adalah daypack yang ringan bahannya, dengan shoulder strap serta bantalan punggung yang empuk. Jenis tas ini nyaman digunakan kemanapun, bahkan ada beberapa jenis daypack khusus untuk membawa kamera atau laptop sehingga aman meskipun dibawa dalam perjalanan jauh.

Survival kit. Merupakan tas kecil yang berisi perlengkapan darurat untuk berjaga-jaga selama perjalanan, sebagai persiapan dasar survival. Biasanya, para petualang membawa survival kit sebagai peralatan dasar.

Biasanya survival kit digunakan untuk menyimpan barang seperti korek api, lilin, jarum dan benang, kail dan senar, kompas, senter kecil, obat-obatan, plester luka, dan sebagainya.

Koper. Jenis tas koper memudahkan kita jika perjalanan tidak perlu melewati medan yang berat. Sehingga kita bisa membawa tas tersebut dengan menarik pegangan koper tanpa perlu membebani punggung.

Selain itu saat mengepak barang-barang ke dalam koper akan lebih mudah tertata rapi. Hanya saja, jika medan yang dilalui sulit, membawa koper justru akan merepotkan karena harus menjinjing atau mengangkatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com