Minggu, 21 Desember 2014

/ Travel

Empat Kapal Pesiar Akan Sandar di Tanjung Perak

Selasa, 17 Januari 2012 | 15:10 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Empat kapal pesiar siap bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya antara Januari-Maret 2012 karena besarnya daya tarik sejumlah obyek wisata di Kota Pahlawan. "Kedatangan empat unit kapal pesiar ini sekaligus mengobati rasa rindu masyarakat Surabaya. Apalagi, selama tahun 2011 Tanjung Perak tak disandari kapal pesiar," kata General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Tanjung Perak, I Putu Ariawan saat ditemui setelah jumpa pers Kinerja 2011 dan Proyeksi 2012 di Surabaya, Selasa (17/1/2012).

Putu menjelaskan, kedatangan kapal pesiar pertama akan terealisasi pada tanggal 20 Januari yakni "Seaborn Legend". Kapal pesiar asal Amerika Serikat tersebut, direncanakan membawa 600 wisatawan. "Dari 600 wisatawan, yang siap turun dari kapal untuk menikmati pesona Surabaya ada sekitar 300 wisatawan," ujarnya.

Dua kapal pesiar berikutnya, lanjut Putu, akan merapat di Pelabuhan Tanjung Perak pada bulan Februari. "Lalu, satu kapal bakal datang pada bulan Maret 2012," katanya.

Menurut Putu, sebelum kedatangan kapal pesiar "Seaborn Legend" dari Amerika Serikat, Tanjung Perak bakal disandari oleh tiga kapal perang asal Rusia pada Kamis (19/1/2012). "Sementara itu, terakhir kami menerima kunjungan tamu asing yang menumpangi kapal pesiar terjadi pada bulan April 2010 yakni dengan kapal Albatros," paparnya.

Untuk menyambut kedatangan kapal pesiar tersebut, pihak Pelindo III Cabang Tanjung Perak telah melakukan serangkaian penataan guna membangun Terminal Penumpang Berstandar Internasional. "Keberadaan terminal penumpang itu akan kami lengkapi dengan beragam fasilitas yang representatif bagi kunjungan kapal pesiar," ujarnya.

Menyikapi kedatangan sejumlah kapal pesiar di Tanjung Perak, Humas PT Pelindo III Persero, Edi Priyanto, mengatakan tahun ini jumlah dermaga atau pelabuhan Pelindo III yang akan dikunjungi kapal pesiar meningkat 100 persen dari sebelumnya hanya lima dermaga. Bahkan, jumlah kunjungan kapal diprediksi meningkat antara 5-10 persen. "Pada tahun ini, kunjungan kapal pesiar di Bali dengan Pelabuhan Benoa dan Tanah Ampo sebanyak 40 unit, Lombok dengan Pelabuhan Lembar dikunjungi 22 unit. Ada pula Semarang dengan Pelabuhan Tanjung Emas akan disinggahi 19 unit," ujarnya.

Selama Januari-Desember 2012 Surabaya dengan Pelabuhan Tanjung Perak akan disandari lima unit kapal pesiar, Kumai delapan unit, Probolinggo empat unit kapal pesiar, dan Celukan Bawang bakal dikunjungi tiga unit kapal pesiar. Kemudian, Pelabuhan Tenau Kupang didatangi dua unit kapal dan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin dikunjungi satu unit kapal pesiar.

"Bahkan, Pulau Komodo yang kini juga memiliki fasilitas pelabuhan dan pengelolaannya telah diserahkan ke Pelindo III pada tahun ini akan disandari 22 unit kapal pesiar," tambah Edi.


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: