Kamis, 30 Oktober 2014

/ Travel

Hotel-hotel di Seputar Pasar Tanah Abang

Jumat, 10 Februari 2012 | 12:11 WIB

KOMPAS.com - Pilihan hotel di kawasan Tanah Abang sangat banyak. Anda bisa memilih hotel berbintang hingga kelas melati, bahkan penginapan sangat sederhana ala kos-an pun banyak.

Penginapan sederhana tersebut biasanya diinapi oleh para pedagang dari luar daerah Jakarta yang ingin memborong barang di  kawasan Pasar Tanah Abang. Awalnya memang kawasan ini hanya dipadati oleh para pedagang grosiran.

Namun kini, Pasar Tanah Abang masuk dalam jalur destinasi wisata belanja bagi turis mancanegara. Para turis penggemar wisata belanja, terutama dari negeri-negeri jiran maupun wisatawan domestik, seakan tak mau melewatkan kesempatan untuk berbelanja di Pasar Tanah Abang saat bertandang ke Jakarta.

Banyaknya pilihan akomodasi di kawasan ini malah terkadang membingungkan calon wisatawan yang ingin menginap di dekat kawasan Pasar Tanah Abang. Cara termudah adalah tentukan bujet Anda untuk penginapan. Kemudian cari hotel sesuai bujet Anda tersebut.

Tentu Anda harus sesuaikan antara bujet dan tingkat kenyamanan hotel yang Anda inginkan. Ada baiknya Anda datang dalam rombongan kecil atau besar. Sehingga ongkos menginap per malam jika dibagi per orang tentu akan lebih murah.

Pastikan pula tujuan Anda datang apakah benar-benar hanya untuk berbelanja, urusan bisnis, atau sekaligus juga sambil pelesir. Anda perlu mengetahui bahwa tidak semua hotel di kawasan Tanah Abang memiliki fasilitas keamanan dam kenyamanan yang baik. Berikut beberapa hotel yang direkomendasikan di dekat Pasar Tanah Abang.

Hotel Santika Premiere Jakarta. Hotel bintang 4 ini memiliki 75 kamar yang terdiri dari Deluxe, Club Premiere, Suite, dan Presidential Suite. Setiap kamar dilengkapi dengan akses internet gratis.

Harga kamar di hotel ini mulai dari Rp 850.000. Jika tujuan Anda hanya menginap untuk kenyamanan, cukup memilih kamar Deluxe. Kamar Deluxe ini saja begitu luas yaitu 32 meter persegi dengan karpet nyaman.

Sementara kamar mandi terdiri dari bathtub dan shower. Tipe Deluxe tersedia dalam tempat tidur double (dua tempat tidur) ataupun single queen size bed (satu tempat tidur ukuran queen).

Namun, jika Anda ingin merasakan sensasi kemewahan saat menginap, bolehlah pilih Presidential Suite. Usai berbelanja di Pasar Tanah Abang, Anda bisa melakukan relaksasi dengan massage, sauna, dan jacuzzi di fasilitas Health Club.

Atau, berolahraga ringan di gynmasium dan lapangan tenis. Seru juga setelah asyik berbelanja di Pasar Tanah Tanah, malam harinya Anda berenang di kolam renang luas yang tersedia di luar ruangan.

Jika Anda datang bersama anak-anak, maka hotel ini cocok untuk tamu keluarga. Sebab, salah satu fasilitas di hotel ini adalah children playground atau area bermain untuk anak-anak.

Hotel ini terletak di Jalan KS Tubun No. 7, Jakarta Pusat. Jarak antara hotel dan Pasar Tanah Abang sekitar 10 menit dengan mobil.

Hanya saja perlu diingat bahwa daerah ini rawan macet. Ada baiknya Anda naik kendaraan umum, bisa mikrolet maupun ojek untuk ke Pasar Tanah Abang.

Milennium Hotel Sirih. Hotel ini terletak di Jalan Fahrudin 3, Jakarta Pusat. Jaraknya sekitar 10 menit menggunakan mobil ke Pasar Tanah Abang. Hotel bintang empat tersebut memiliki 5 tipe kamar.

Tipe kamar yang bisa dipilih adalah Club Room, Standard Room, Presidential Suite, Suite, dan Superior. Harga kamar mulai dari Rp 830.000. Mau yang mewah? Anda bisa pilih Presidential Suite yang terletak di lantai atas hotel.

Di tipe ini, terdapat beberapa ruangan terpisah yang saling berhubungan, yaitu ruang tidur, ruang duduk, dan ruang makan. Ruang makan dilengkapi dengan dapur.

Sementara itu, tersedia Jacuzzi di kamar mandi di Presidential Suite. Hotel ini juga sering dipakai untuk pertemuan dan rapat, karena dilengkapi dengan ruangan meeting dan ballroom.

Fave Hotel. Dari luar hotel ini sudah tampak menyolok dengan warna merah jambu keunguan yang berani. Hotel bintang dua tersebut berada di bawah manajemen jaringan hotel Aston.

Secara lokasi sangat dekat dengan Pasar Tanah Abang, hanya sekitar 5 menit dengan mobil. Persisnya, Fave Hotel berlokasi di Jalan KH Wahid Hasyim No. 135, Jakarta Pusat.

Hanya ada satu tipe kamar yang dibedakan dengan pilihan tempat tidur, yaitu tempat tidur double (dua tempat tidur) atau twin bed (satu tempat tidur ukuran besar). Setiap kamar dengan luas 18 meter persegi ini memiliki fasilitas wifi gratis.

Harga kamar mulai dari Rp 498.000. Walau bintang dua, namun fasilitas kamar bisa dibandingan dengan hotel kelas atas. Seperti televisi LCD dan AC dengan remote control. Kamar mandi dengan shower.

Fasilitas hotel lainnya adalah ruang rapat dan massage. Setelah lelah berjalan kaki menyusuri Pasar Tanah Abang, fasilitas massage atau pijat yang tersedia di hotel sangat cocok untuk Anda.

Hotel N1. Hotel bintang dua ini memiliki 84 kamar dengan hanya satu jenis tipe kamar. Kamar yang tersedia dibedakan berdasarkan tempat tidur double atau twin share bed. Kamar mandi shower dan sangat bersih. Harga kamar hanya Rp 300.000 per malam sudah termasuk sarapan.

Hotel ini terletak di Jalan KS Tubun No. 3, Jakarta Pusat. Letaknya masih di area Pasar Tanah Abang, persis di depan Museum Tekstil. Namun, karena daerah ini terkenal macet, mungkin agak lama untuk mencapai Pasar Tanah Abang jika menggunakan mobil.

Sebenarnya, bisa saja jika Anda ingin jalan kaki dari hotel ke area Pasar Tanah Abang. Perlu waktu sekitar 15 menit dengan berjalan kaki. Bisa juga dengan naik ojek.

Saat kembali ke hotel dari Pasar Tanah Abang, barulah Anda naik taksi. Tentu susah membawa barang belanjaan yang banyak dengan naik motor.

Hotel Nusantara. Jika Anda datang dalam keluarga atau rombongan kecil, hotel ini bisa menjadi pilihan. Hotel Nusantara memiliki tipe kamar Family yang luas dan cukup untuk 4 orang dewasa.

Harga kamar untuk tipe Family hanya Rp 350.000 sudah termasuk sarapan. Hotel melati ini memliki kamar yang relatif bersih, begitupula dengan kamar mandinya. Setiap kamar memiliki AC dan televisi.

Selain tipe Family, terdapat tipe standar dan deluxe. Harga kamar tipe standar mulai dari Rp 200.000. Kamar mandi shower dengan air panas. Di lantai bawah terdapat ruangan khusus untuk menaruh barang-barang belanjaan.

Hotel ini memang menjadi salah satu favorit para pedagang daerah. Jarak antara hotel ke Pasar Tanah Abang sangat dekat.

Jika tidak ingin repot, Anda bisa saja naik kendaraan umum berupa mikrolet dan sampai hanya dalam waktu sekitar 5 menit. Hotel ini terletak di Jalan KH Mas Mansyur No. 36, Tanah Abang, Jakarta Pusat.


Penulis: Ni Luh Made Pertiwi F
Editor : I Made Asdhiana