Rabu, 1 Oktober 2014

News / Travel

Inilah Oleh-oleh Khas Lombok yang Wajib Dibeli

Rabu, 15 Februari 2012 | 09:15 WIB

Berita Terkait

KOMPAS.com - Banyak orang ingin pergi ke Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Wilayah yang terkenal dengan Pantai Senggigi, Kuta Lombok dan Tenun Sasak ini seperti tujuan utama setelah Bali dan Yogyakarta.

Sementara banyak obyek wisata di Lombok yang telah dikenal, tak demikian halnya dengan oleh-olehnya. Padahal, oleh-oleh dibilang wajib setelah berkunjung ke suatu tempat.

Sempat berkunjung ke Lombok beberapa waktu lalu, berikut jenis oleh-oleh khas Lombok yang berhasil dikumpulkan Kompas.com serta beberapa tips membelinya.

1. Dodol Rumput Laut

Bisa dikatakan, ini oleh-oleh makanan wajib dari Lombok. Tak seperti dodol umumnya yang sangat manis, dodol rumput laut khas Lombok terasa manis segar.

Dodol rumput laut khas Lombok terbuat dari tepung rumput laut, gula serta buah-buahan segar. Terdapat beragam pilihan rasa buah, seperti nangka, mangga dan sirsak.

Dodol terasa manis dan kenyal di lidah. Memakannya seperti makan jelly rasa buah yang banyak disukai anak-anak. Selain rasa buah, terdapat pula rasa sayur dan jagung.

Dodol tumput laut bisa dibeli dengan harga mulai Rp 10.000 - Rp 15.000 per kemasan berat 200 gram. Salah satu tempat populer untuk mendapatkannya adalah di Phoenix Food yang berlokasi di Cakranegara.

2. Madu Sumbawa

Sumbawa, wilayah yang termasuk dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah salah satu penghasil madu terbaik di Indonesia. Madu Sumbawa pun bisa didapatkan di Lombok.

Ada dua jenis madu yang dijual, yakni madu biasa yang berwarna kuning kecoklatan serta madu putih yang berasal dari lebah yang hidup di karang-karang putih.

Madu Sumbawa telah menjadi ikon nasional dan dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mengobati beragam penyakit. Madu putih misalnya, dipercaya bisa mengobati penyakit saraf.

Madu dijual dengan harga beragam, mulai dari harga Rp 30.000 untuk kemasan 250 ml hingga hampir Rp 200.000 untuk kemasan jeriken berisi hampir 1 liter.

Madu relatif bisa didapatkan dengan mudah. Di Toko-toko makanan seperti Phoenix, madu ini pun dijual. Bisa juga didapatkan di sentra oleh-oleh wilayah Cilinaya.

3. Minyak Gosok Sumbawa

Ini oleh-oleh yang pas untuk orang tua atau nenek, walaupun bisa juga jadi cadangan untuk diri sendiri saat lelah bekerja.

Minyak gosok Sumbawa terbuat dari akar lawang. Minyak ini memberi kehangatan dan bau yang khas untuk menyembuhkan pegal-pegal, keseleo, meringankan derita rematik dan penyakit otot lainnya.

Minyak tersedia dalam beragam ukuran mulai botol 200 ml hingga botol 800-1000 ml. Harga minyak termurah sekitar Rp 30.000. Bisa didapatkan di banyak tempat di wilayah Cakranaegara dan Cilinaya.

4. Kalung Mutiara

Mutiara bisa dikatakan oleh-oleh paling mewah. Anda harus merogoh kantung lebih untuk bisa membelinya. Tersedia gelang mutiara berwarna kehitaman maupun putih. Gelang mutiara dijual dengan harga mulai Rp 100.000. Murah atau mahalnya harga tergantung pada ukurannya.

Mutiara juga bisa dujumpai dalam bentuk kalung. Untuk yang ini, harganya lebih mahal, mulai dari Rp 400.000. Kalung yang mahal bisa berharga lebih dari Rp 1.000.000.

Yang paling mahal adalah cincin, baik untuk laki-laki maupun perempuan. Sebuah cincin dengan mata mutiara bisa berharga Rp 1.000.000. Perhiasan mutiara ini bisa didapatkan di toko souvenir di wilayah Cilinaya.

5. Kain Sasak

Bagi penggemar fashion berbahan kain nusantara, ini barang yang wajib dibeli. Kain sasak tersedia dalam beragam pilihan harga. Semakin halus dan bagus motifnya, semakin mahal pula harganya.

Ada kain batik sasak yang bisa dijadikan kemeja dengan harga mulai Rp 150.000 - Rp 350.000. Motifnya cukup simpel dan menarik, bahannya pun halus.

Kain lain hasil tenun tangan dengan benang emas dijual dengan harga lebih mahal. Untuk bahan yang halus, harganya bisa lebih dari Rp 600.000.

Tak semua kain harus dibeli dalam bentuk bahan. Kain juga bisa dibeli dalam bentuk kemeja jadi dengan harga mulai Rp 200.000 serta dalam bentuk syal dan pasmina mulai harga Rp 100.000. Ada juga yang berbentuk sarung dengan harga mulai Rp 150.000.

Kain sasak bisa didapatkan di daerah Cilinaya. Pintar-pintarlah memilih dan menawar harganya.

6. Kaos Lombok

Ini mungkin oleh-oleh yang harus dibeli. Selain harganya murah, kaos Lombok bisa menunjukkan bahwa Anda pernah ke tempat dengan pantai eksotis ini.

Harga kaos Lombok mulai Rp 25.000. Tersedia dalam berbagai warna dan gambar sablon. Pilih saja yang sesuai ukuran dan selera.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Yunanto Wiji Utomo
Editor : I Made Asdhiana