Selasa, 21 Oktober 2014

/ Travel

Hah, Orang Indonesia Bisa Wisata ke Korea Utara?

Minggu, 15 April 2012 | 15:24 WIB

Berita Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Wisata ke Korea Selatan sudah biasa. Akan tetapi, bagaimana kalau traveling ke Korea Utara, satu-satunya negara yang masih menjalankan ideologi komunis secara murni?

Nah, Ali Gita, seorang traveler yang sudah menjelajahi hampir 200 negara selama lebih dari 20 tahun, bahkan sudah pernah ke Korea Utara sebanyak tiga kali.

"Pertama kali ke Korea Utara itu tahun 2002. Saya sudah tiga kali ke sana," tutur Ali Gita seusai menjadi narasumber dalam talkshow di Kompas Travel Mart di Mal Grand Indonesia, Jakarta, Minggu (15/4/2012).

Saking seringnya menjelajahi dunia, Ali Gita pun akhirnya membuat biro perjalanan wisata khusus untuk destinasi-destinasi unik, seperti Korea Utara, Djibouti, Sierra Leone, dan negara-negara lainnya yang jauh dari kata "favorit" tujuan wisata bagi orang Indonesia.

Lalu adakah orang Indonesia yang memang pelesir ke Korea Utara? Apalagi negara tersebut terkenal sangat tertutup bagi dunia luar.

"Profil klien saya yang ke Korea Utara biasanya di atas umur 40 tahun dan sudah melakukan perjalanan ke lebih dari 200 negara dalam waktu 10 sampai 20 tahun. Mereka menginginkan something new," tuturnya.

Sebelumnya, Ali menjelaskan, untuk pergi ke Korea Utara memang susah sekali, apalagi kalau jalan sendiri tanpa bantuan biro perjalanan wisata ataupun pergi tidak dalam rombongan tertentu. Seperti visa, lanjutnya, hampir tidak mungkin didapat kecuali terdapat undangan dari pihak Korea Utara.

"Mereka antisekali dengan wartawan dan orang-orang yang dianggap dapat membuat propaganda di negara itu. Bahkan di beberapa point kita enggak bisa ambil foto," ujar Ali.

Ia juga menuturkan bahwa Korea Utara sebenarnya cocok dikunjungi sepanjang tahun. Namun, tuturnya, disarankan untuk tidak datang di hari-hari nasional atau hari libur.

"Semua tutup, tempat makan tutup, bisa-bisa kita tidak terurus. Namun, di perayaan hari kemerdekaan-nya sebenarnya bagus sekali. Ada parade perayaan yang bagus," ungkapnya.

Kompas Travel Mart berlangsung sejak Jumat (13/4/2012) sampai hari ini (Minggu, 15 April 2012), dan bertempat di Mal Grand Indonesia, Jakarta. Anda masih berkesempatan hadir di pameran tersebut hingga malam ini.

Kompas Travel Mart merupakan pameran wisata yang diikuti oleh 6 maskapai penerbangan, 15 biro perjalanan wisata, 2 taman wisata, dan 20 hotel serta resor dari beberapa daerah di Indonesia. Peserta pameran menawarkan harga spesial dan harga diskon selama pameran berlangsung.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Ni Luh Made Pertiwi F
Editor : I Made Asdhiana