Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sup Ikan Batam, Mantap dan Menyegarkan!

Kompas.com - 10/08/2012, 08:26 WIB

KOMPAS.com - Kali ini Tim Doyan Makan lagi jalan-jalan ke Batam lho. Ha-ha... Nggak kok cuma bertandang ke food court Mal Taman Anggrek, mau makan Sop Ikan Batam yang terkenal itu. He-he... Tapi beneran serasa berada di Batam lho kalau teman-teman sudah pernah ke Batam, dan makan Sup Ikan Batam ini di sana. Di mana pun kalian berada, pasti akan merasa berada di pulau yang dekat banget dengan Singapura ini.

Di Batam, ini merupakan makanan khas yang wajib dicoba. Bahkan, begitu enaknya sehingga gerai sup ikan batam ini tidak hanya di-franchise-kan di Jakarta dan ke seluruh Indonesia, tetapi juga sampai membuka cabangnya di Singapura lho. Wow. Mantap sekali bukan?

Di Jakarta sendiri, sup ikan batam ini sudah lumayan banyak yang membuka cabang franchise-nya seperti di Mal Puri Indah, Mal Emporium Pluit, Mal Artha Gading, dan yang lainnya. Tim kali ini pergi mencoba yang di Mal Taman Anggrek, lebih tepatnya di Food Court lantai 4.

Saya dan rekan memesan sup ikan batam, sup seafood, lumpia ikan dan nasi putih. Eh, tapi pengen coba juga menu sup kepala ikan karena kuahnya berbeda dari kuah sup ikan yang biasa. Jadi bingung. Hmm... Untung di tengah kegalauan, pelayannya menyarankan kalau bisa diganti kuahnya yang kuah sup kepala ikan. Wah, untung sekali teman-teman... He-he...

Tidak lama memesan, 3 menu utama yang kami pesan sudah tersedia dengan asap yang mengepul alias masih panas. Melihat kuah dari semua sup ini, sudah terlintas dalam pikiran kalau pasti segar banget ini kalau diseruput. Dan voilaaa... benar sekali saudara-saudara. Segar sekali walau hanya menyeruput satu sendok saja.

Untuk sup seafood-nya, bagi teman-teman yang kurang suka dengan aroma ikan, sup kepala ikan dengan rasa kuah yang lebih asam dan segar dapat menjadi pilihan. Atau bisa juga dengan mengganti kuah sup ikan yang biasa dengan kuah sup kepala ikan seperti yang kami lakukan. He-he...

Sup seafood disajikan dengan kuah yang sama dengan sup ikan batam, agak lebih bening sedikit dibanding kuah sup kepala ikan tetapi masih ada keruh sedikit. Memang berbeda dengan sup ikan kebanyakan yang jernih kuahnya, kekeruhan ini justru menjadi ciri khas dari sup ikan batam.

Daging ikan yang digunakan untuk pembuatan sup ikan ini adalah ikan tenggiri yang gurih dan empuk sekali. Cumi-cumi dan udang pun menjadi pelengkap sup seafood ini. Sayur seperti tomat, sayur asin, dan sayur selada juga tidak ketinggalan sebagai pelengkap gizi. Nah, tomat yang digunakan bukan tomat merah lho, melainkan tomat hijau yang masih muda dan masih asam. He-he... Salah satu keunikan dari sup ikan batam yang memang beda dari yang lain. Benar-benar menyegarkan!

Nah, giliran lumpia ikan yang saya comot. Lumpia ikan yang digoreng ini sudah dihidangkan dengan potongan sehingga memudahkan kita untuk menyantapnya lho. Ditusuk dengan garpu satu potong, masuk ke mulut saya dan nyam nyam... enak lumpia ikannya lho. Renyah dan gurih, dan ikannya berasa tanpa ada bau amis. Harganya pun terjangkau, dimana sup ikan Rp 35.000, sup seafood Rp 42.000, lumpia ikan Rp 24.000 dan nasi putih Rp 5.000. Mantap dan saya berasa ada di daerah Batam Centre, salah satu gerai sup ikan yang pernah saya coba dulu di Batam. Mantap menyegarkan dan sehat, kapan lagi? (Chrysta)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com