Sabtu, 19 April 2014

News / Travel

Sumbar Fokus Kembangkan 5 Destinasi Wisata

Jumat, 16 November 2012 | 19:37 WIB

Baca juga

PADANG, KOMPAS.com - Provinsi Sumatera Barat memfokuskan pengembangan sektor pariwisata untuk lima daerah yang menjadi tujuan wisatawan yakni Padang, Bukittinggi, Tanah Datar, Sawahlunto, dan Padang Panjang.

"Gubernur Sumbar sudah sepakat dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah memfokuskan ke lima daerah itu, karena respons pemerintah daerahnya cukup serius," kata Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumbar, Yusran Maulana di Padang, Jumat (16/11/2012).

Menurut Yusran, pengembangan sektor pariwisata daerah memerlukan sinergitas dan kekompakan antara pemerintah dengan semua pemangku kepentingan.

Menurut Yusran, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno telah memberikan ruang bagi pelaku pariwisata yang terhimpun dalam BPPD guna menyatukan konsep pembangunan sektor pariwisata dan mempromosikan ke luar.

Semangat gubernur mesti dijadikan contoh oleh pimpinan kabupaten dan kota yang menjadi destinasi, sehingga dapat senada dalam pengembangan pariwisata ke depan. "Selama ini, baru lima kabupaten dan kota yang dinilai serius dalam pengembangan sektor pariwisata, tentu akan menjadi prioritas promosinya," ujarnya.

Kelima daerah yang mendapat perhatian serius dalam pengembangan pariwisata karena sarana pendukung sudah memadai, seperti sudah ada hotel dan pengelolaan secara profesional.

Yusran memaparkan, pariwisata tak hanya sekadar mengandalkan alam yang indah semata, tapi sarana pendukung dan sikap dalam melayani pengunjung sangat penting. "Pengembangan pariwisata tak cukup hanya dengan pernyataan-pernyataan pimpinan daerah saja, tapi harus dibuktikan dengan kebijakan," ujar Yusran yang juga Ketua PHRI Sumbar itu.

Komitmen Gubernur Sumbar dalam membangun pariwisata, lanjut Yusran, diwujudkan dengan kebijakan yang dapat dilihat dalam pengalokasian anggaran, baik untuk promosi maupun pembenahan infrastruktur. "Kami sebagai pelaku pariwisata sangat mengapresiasi komitmen kepala daerah yang diwujudkan dalam kebijakan tersebut," ujarnya.

BPPD Sumbar pada akhir pekan ini membawa puluhan rombongan Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition (MICE) di bawah koordinasi Raja MICE ke Sawahlunto, guna menikmati obyek wisata sejarah di kota itu.

Selanjutnya sesuai jadwal, rombongan menuju Kota Bukittinggi dan Kabupaten Tanah Datar guna melihat Rumah Gadang Istano Basa Pagaruyung.


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: