Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asperam Tawarkan Wisata Bisnis untuk Pengusaha Kecil

Kompas.com - 23/11/2012, 12:29 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Perajin dan Pengusaha Kecil Mataram (Asperam) Yogyakarta menawarkan paket wisata bisnis bagi perajin dan pengusaha kecil di daerah ini. "Selain berwisata, sekaligus belajar bisnis di pasar luar negeri," kata Ketua Asperam Yogyakarta, Budi Sarwono di Yogyakarta, Kamis (22/11/2012).

Menurut Budi, pihaknya menawarkan cara efektif menuju pasar internasional dengan praktik langsung mengikuti pameran internasional yang potensial di Tong Tong Fair Belanda.

Beberapa keuntungan yang bisa diperoleh para perajin dan pengusaha kecil dalam mengikuti wisata bisnis itu, di antaranya bisa belajar langsung dari pengunjung Tong Tong Fair yang merupakan ajang pameran yang sangat populair dan sudah berlangsung selama 53 tahun.

"Tong Tong Fair merupakan pameran bazar yang penjualan retailnya sangat bagus, sehingga keuntungannya bisa membantu pengeluaran bahkan menutup biaya, dan bahkan memperoleh keuntungan," katanya.

Ia mengatakan dengan mengikuti paket wisata tersebut diharapkan peserta bisa melihat langsung kebutuhan pasar Eropa, karakter konsumen serta pembeli di sejumlah negara di benua itu. "Bahkan peserta bisa melihat langsung pesaing produk Indonesia  di Eropa," kata Budi Sarwono.

Budi memaparkan, krisis ekonomi bukan berarti para perajin dan pengusaha kecil berhenti untuk membuka pasar dan belajar tentang pasar.

"Selama ini banyak perajin dan pengusaha kecil Indonesia yang mengikuti Tong Tong Fair, yang jumlahnya rata-rata 60 pengusaha, bahkan untuk penyelenggaraan 2013 diperkirakan jumlahnya lebih dari itu," katanya.

Budi menambahkan, untuk mengikuti pameran ini biayanya 4.750 dolar AS, atau cukup murah jika dilihat dari apa yang diperoleh, karena peserta akan bisa mendapatkan keuntungan, yaitu selain belajar berbisnis, namun juga bisa sambil berwisata ke beberapa negara di Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com