Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto 360 Derajat "Ekspedisi Cincin Api" Menjadi Daya Tarik

Kompas.com - 12/12/2012, 16:16 WIB
Vitalis Yogi Trisna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu terobosan baru yang dilakukan oleh Tim Ekspedisi Cincin Api Kompas yaitu membuat dokumentasi dalam bentuk foto virtual reality 360 derajat. lewat foto itu, pengunjung seolah-olah dibawa merasakan langsung situasi di lokasi karena bisa melihat sekeliling dan dari atas ke bawah.

Karena merupakan suatu inovasi baru pada dunia foto jurnalistik, 360 derajat menjadi perhatian dari mahasiswa yang mengikuti diskusi pada rangkaian Pameran Foto Ekspedisi Cincin Api di lobi Gedung Kompas Gramedia.

"Ini untuk pertama kalinya saya melihat foto 360 derajat, unik melihatnya," ujar Dimas Adrianto, mahasiswa Universitas Nasional (Unas) usai mengikuti diskusi di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah, Jakarta Selatan, Rabu (12/12/2012). Menurut Dimas dirinya sangat tertarik untuk dapat mempraktikan apa yang tadi sudah dibahas.

"Tadi sempat dijelaskan singkat cara membuat foto 360 derajat, semoga aja bisa jadi bekal awal untuk belajar," ujar Dimas. Mahasiswa yang hobi fotografi ini juga berharap kelak akan diadakan semacam workshop 360 derajat untuk dapat belajar lebih jauh.

Sementara itu, Fikria Hidayat yang menjadi penanggung jawab pembuatan foto 360 derajat mengatakan, siapapun bisa belajar 360 derajat. "360 derajat tidak harus menggunakan kamera canggih dan alat-alat mahal, bahkan hanya dengan kamera poket atau kamera handphone pun bisa dibuat," ujar pria yang juga merupakan Editor Foto dari Kompas.com itu.

Fikria yang turut menjadi tim ekspedisi juga menerangkan bahwa dibutuhkan sebuah software untuk menyatukan foto-foto menjadi 360 derajat. "Softwarenya yang digunakan juga tidak mahal, malah yang gratis pun juga tersedia," kata Fikria.

Seperti diketahui foto 360 derajat sendiri selain digunakan untuk Ekspedisi Cincin Api juga sudah digunakan untuk Kanal Properti di Kompas.com. Bahkan perkembangannya, kini di Kanal Otomotif pun sudah ada foto 360 derajat yang mengambil objek interior dan eksterior mobil.

Dokumentasi foto-foto 360 derajat Ekspedisi Cincin Api dapat dilihat di http://ekspedisi.kompas.com/cincinapi/index.php/photo360/0

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com