Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segara Kerthi Diperkenalkan ke Delegasi World Water Forum di Bali, Apa Itu?

Kompas.com - 02/05/2024, 10:32 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Bali akan memperkenalkan Segara Kerthi dan Tumpek Uye ke delegasi World Water Forum ke-10, Sabtu (18/5/2024), di wilayah Pantai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura-Kura Bali, Kota Denpasar. 

"Kita di Bali punya kearifan lokal Segara Kerthi dalam memuliakan air dan ini menjadi kesempatan menunjukkan kepada dunia, khususnya kepada delegasi," kata Kepala Biro Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bali, I Ketut Sukra Negara lewat keterangan resmi, Selasa (30/4/2024).

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Bali Disiapkan untuk Delegasi World Water Forum

Segara Kerthi termasuk ajaran Sad Kerthi, enam perilaku mulia untuk menjaga alam semesta dalam agama Hindu. Ritual ini merupakan bentuk pemuliaan kepada air, khususnya pantai.

"Dengan ritual Segara Kerthi ini, kita masyarakat Bali memiliki kearifan lokal tidak saja secara sekala (upaya fisik) tetapi juga secara niskala (rohani/spiritual)," tuturnya. 

Baca juga:

Bertepatan dengan Tumpek Uye 

Ilustrasi Pantai Sanur di Kota Denpasar, Bali.Dok. Pixabay/wandemokkori Ilustrasi Pantai Sanur di Kota Denpasar, Bali.

Pelaksanaan Segara Kerthi pada Sabtu (18/5/2024) bertepatan dengan Hari Suci Tumpek Uye atau Tumpek Kandang, yang dirayakan umat Hindu setiap 210 hari sekali. 

Adapun Tumpek Kandang diperingati sebagai wujud syukur dan pemuliaan kepada binatang yang telah membantu kehidupan manusia. 

Dengan demikian, tuturnya, pada pelaksanaan ritual tersebut, akan digunakan sarana sesajen Caru Panca Kelud dan dipimpin tiga sulinggih (pendeta Hindu). 

Baca juga: Dispar Bali Mulai Sidak Pungutan Wisman di 4 Tempat Wisata 

Rangkaian kegiatannya meliputi persembahyangan bersama pukul 18.00 Wita, pelepasan tukik dan burung, serta tarian sakral. Adapun ritual Segara Kerthi sesungguhnya sudah dimulai sejak pukul 08.00 Wita. 

"Kami sudah berkoordinasi dengan Bandesa (pimpinan) Adat Serangan dan akan mengerahkan masyarakat adatnya untuk mensukseskan kegiatan Segara Kerthi dan Tumpek Uye," kata Sukra. 

Sebagai informasi, World Water Forum ke-10 akan diadakan di Nusa Dua di Kabupaten, Badung, mulai Sabtu (18/5/2024) sampai Sabtu (25/5/2024). Delegasi dari 193 negara dijadwalkan akan hadir dalam acara tersebut. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com