Minggu, 26 Oktober 2014

News / Travel

Siap-siap Berburu Paket Wisata Murah

Rabu, 30 Januari 2013 | 20:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Perusahaan Agen Penjual Tiket Indonesia (ASTINDO) tahun ini akan kembali menggelar pameran perjalanan terbesar di Indonesia ASTINDO Fair yang akan berlangsung pada tanggal 22 sampai 24 Maret  2013  mendatang.

“ASTINDO Fair merupakan consumer fair pertama yang sepenuhnya di selenggarakan oleh ASTINDO dan telah manjadi kalender tahunan kami," kata Ketua ASTINDO Elly Hutabarat dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Ia menambahkan bahwa pelaku usaha wisata beserta industri pendukungnya dari seluruh Indonesia akan menjual beragam produk liburan dalam dan luar negeri. Produk-produk ini akan dijual baik secara individual maupun perseorangan, serta paket beserta industri pendukungnya di seluruh Indonesia.

Rencananya, acara ini akan digelar di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC). Penyelenggaraan ASTINDO Fair 2013 didukung oleh seluruh komponen pariwisata di Indonesia, seluruh anggota ASTINDO, Asosiasi Tours & Travel Agent Indonesia (ASITA) Jakarta. Juga didukung maskapai penerbangan domestik maupun asing, badan promosi pariwisata mancanegara dan domestik serta industri pendukungnya seperti perbankan, asuransi perjalanan, media, dan Pacto Convex selaku event organizer.  

“Kami memandang bahwa penyelenggaraan ASTINDO Fair mampu memberikan kontribusi positif, khususnya animo masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata ke dalam dan luar negeri," tutur Elly.  

Ajang tersebut, lanjutnya, dapat mendorong peningkatan kualitas layanan tempat-tempat pariwisata di Indonesia yang memiliki pesona yang unik, sehingga bisa bisa sejajar dengan destinasi dunia dunia lainnya. Tahun lalu, ASTINDO International Travel Fair (AITF) dikunjungi 45.000 orang dan berhasil membukukan total transaksi penjualan (sales volume) sebesar Rp 48 milyar.

“Tahun ini kami berharap ada peningkatan jumlah pengunjung sekitar 60.000 dan kenaikan transaksi (sales volume) sebesar 70 milyar. Dibanding tahun lalu, luas lahan  pameran pada ASTINDO Fair 2013 dua kali lebih besar agar mampu mengakomodir lebih banyak pelaku industri  pariwisata dan pendukungnya berpartisipasi pada event tahun ini,” tambah Elly.  

ASTINDO Fair merupakan consumer fair yang mempertemukan para pelaku usaha wisata beserta industri pendukungnya dari seluruh Indonesia yang mempromosikan  sekaligus menjual berbagai tujuan wisata dalam negeri (domestic) dan luar negeri (outbound) baik secara individual/perseorangan dan paket serta produk dan jasa wisata kepada end consumer dalam negeri.

ASTINDO Fair akan menampilkan seluruh daerah tujuan wisata dunia dan Indonesia, termasuk tujuan wisata popular, obyek wisata, dan pengembangan produk baru, termasuk wisata kuliner, produk budaya, wisata budaya dan ziarah, wisata olahraga dan outbound, wisata urban, wisata incentive, wisata bahari, water-based therme park, ekowisata, wisata agro. Pengunjung juga bisa mendapatkan penawaran dari hotel, paket wisata, transportasi, dan travel ICT (GDS).

Peserta pameran terdiri dari pelaku industri pariwisata dan prndukungnya seperti maskapai penerbangan, destination management, operator tur, biro perjalanan wisata, obyek pariwisata, kapal pesiar, hotel, resort and spa, incentive house, wisata kesehatan, badan pariwisata, perbankan, asuransi perjalanan, media publikasi wisata, dan lain-lain.

Ketua Panitia ASTINDO Fair 2013, Anto Haditono, menyampaikan bahwa, selama berlangsungnya ASTINDO Fair para pengunjung dapat memperoleh informasi mengenai tujuan wisata dalam dan luar negeri termasuk tren wisata dalam dan luar negeri.

Selain itu, pengunjung dapat membeli tiket penerbangan serta paket-paket wisata yang dipromosikan selama berlangsungnya ASTINDO Fair dengan harga yang sangat menarik, termasuk penawaran khusus (best offer fares) dari sejumlah maskapai terkemuka yang berpartisipasi dalam acara ini.  

“Kebanyakan pengunjung yang datang ke event  tahun lalu membeli paket liburan, paket khusus dan tiket penerbangan dengan harga promosi sesuai dengan destinasi pilihan masing, namun ada pula yang tengah mencari referensi liburan hemat," kata Anto.

Sementara itu, lanjutnya, beberapa destinasi yang menjadi favorit pengunjung tahun lalu adalah Singapura, Hongkong, Makau, Thailand, dan Malaysia. Sedangkan untuk wisata domestik tujuan wisata terfavorit adalah Bali, Surabaya, Lombok, dan Yogyakarta.

Ikuti Twitter Kompas Travel di @KompasTravel


Penulis: Ni Luh Made Pertiwi F
Editor : kadek