Benteng Kuto Besak Akan Ditata seperti Aslinya - Kompas.com

Benteng Kuto Besak Akan Ditata seperti Aslinya

Kompas.com - 23/03/2013, 08:38 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Toni Panggarbesi mengatakan, Benteng Kuto Besak Palembang akan ditata kembali seperti bentuk aslinya, sehingga perlu dilakukan penelitian terlebih dahulu.

"Untuk pengerjaan dan penelitian itu pihaknya mengadakan kerja sama dengan peneliti  dari perguruan tinggi untuk mengetahui bentuk awal Benteng Kuto Besak itu," kata Toni di Palembang, Sabtu (23/3/2013).

Dijadikannya Benteng Kuto Besak seperti semula itu supaya  semakin menarik karena sebagai peninggalan sejarah terutama saat perjuangan. Benteng Kuto Besak sekarang ini sudah menjadi tempat keramaian karena di pinggiran Sungai Musi tersebut telah dijadikan tempat berbagai kegiatan pertunjukan. Bila kawasan tersebut dikembalikan seperti semula maka semakin menarik untuk dikunjungi warga termasuk wisatawan," katanya.

Memang, lanjut Toni, Sumsel kaya akan obyek wisata sejarah sehingga pihaknya akan berupaya menata supaya semakin menarik dan lestari. Selain itu pihaknya juga meminta pemerintah kabupaten dan kota untuk mendata obyek peninggalan sejarah atau cagar budaya supaya nantinya dapat dilestarikan.

"Semua itu dilakukan supaya wisatawan baik nusantara maupun mancanegara semakin banyak tertarik berkunjung ke Sumsel," tambah Toni.

 

EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM