Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keindahan Bukittinggi Memukau Wisatawan

Kompas.com - 25/03/2013, 08:24 WIB

BUKITTINGGI, KOMPAS.com - Kota Bukittinggi, Sumatera Barat kini menjadi tujuan bagi wisatawan dari luar daerah, bahkan dari luar negeri. Seorang wisatawan dari Belgia, Roland Alejandro (41) mengatakan dia lebih memilih datang ke Kota Bukittinggi karena keindahan alamnya yang masih natural dan terjaga.

"Keindahan alam Kota Bukittinggi merupakan keindahan alam yang masih alami, seperti Ngarai Sianok, kami berharap kota ini tetap terjaga keindahannya, karena dari yang saya ketahui nama Bukittinggi dan keindahannya populer di Eropa," katanya di Bukittinggi, Minggu (23/3/2013).

Pengunjung dari Padang, Zainal (53) saat bersama rombongan mengatakan ingin berkreasi di Kota Bukittinggi mengisi akhir pekan bersama koleganya. "Sangat menyenangkan bisa menikmati akhir pekan di sini," katanya.

Hal senada juga dikatakan seorang pengunjung yang juga berasal dari Padang, Neli Amajran (32). Dia dan rekan-rekannya dari Ikatan Guru Taman Kanak-kanak (IGTK) Kota Padang, menikmati akhir pekan di Kota Bukittinggi. "Sebelum datang ke Kota Bukittinggi, kami terlebih dahulu ke Danau Maninjau, Matur dan Puncak Lawang, kemudian akhirnya ke sini. Siapa saja ingin datang ke kota yang sejuk ini," katanya.

Seiring dengan banyaknya pengunjung yang berdatangan ke Kota Bukittinggi, para pedagang pun menikmati keuntungan dari penjualannya. Menurut salah satu pedagang Kota Bukittinggi, Afrizal (57), pada Sabtu atau Minggu, jual beli meningkat dari hari biasa. "Karena banyaknya pengunjung yang berdatangan, jual beli kami pun meningkat mencapai 50 persen dari hari biasa," katanya.

Hal serupa juga dikatakan pedagang lainnya, Riko Oktora (27). Pada hari Sabtu, jual beli meningkat mencapai 30 persen dan pada Minggu bisa meningkat 50 persen dari hari biasa.

Pengguna jasa parkir pun juga meningkat dari pada hari bisa, seperti itu diakui oleh salah satu petugas parkir Kota Bukittinggi, Amri (23). "Pada hari biasa, jumlah pendapatan parkir hanya mencapai rata-rata Rp 50.000 per hari. Sabtu dan Minggu bisa mencapai Rp 100 ribu per hari," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com