Rabu, 30 Juli 2014

News / Travel

Pancake Durian Bikin Ketagihan!

Selasa, 26 Maret 2013 | 20:52 WIB

Berita Terkait

KOMPAS.com – Medan dan durian laksana dua kata yang tak terpisahkan. Seakan durian tak kenal musim di Medan. Saat berkunjung ke Medan, salah satu olahan durian yang paling dicari adalah Pancake Durian.

Sebenarnya, sudah mulai banyak tempat di Medan yang menjual Pancake Durian. Namun, beberapa kenalan merekomendasikan makan Pancake Durian di restoran Nelayan Tenda di Merdeka Walk, Jalan Balai Kota, Medan. 

Beberapa waktu yang lalu, saya sengaja mampir ke Nelayan yang berada di Merdeka Walk. Alamak, ramainya bukan main. Untuk mendapatkan kursi saja harus menunggu ada tamu yang kelar makan. Apa yang membuatnya begitu ramai?

Bukan sekedar Pancake Durian, tetapi dimsum yang dicari-cari oleh penduduk Medan maupun wisatawan yang mampir ke Medan. Kelakat-kelakat berseliweran memenuhi pesanan tamu. Ada beberapa jenis dimsum yang bisa dinikmati.

Kelakat atau wadah bambu untuk dimsum mengeluarkan aroma-aroma lezat yang mengundang selera. Jenisnya memang terbatas tetapi rasanya boleh diadu. Bisa pesan kaki ayam saus tiram, somay ayam, atau somay udang.

Jangan lupa pesan hakau udang dan hakau kepiting. Ukurannya lumayan besar-besar. Tetapi namanya dimsum memang lebih seru dimakan beramai-ramai. Harga per kelakat mulai dari Rp 13.000.

Lalu bagaimana dengan Pancake Durian? Durian yang dibuat seperti pasta. Walau sudah lembek dan tekstur lembut, namun tetap memiliki serat-serat khas buah durian. Pasta durian ini lalu dibungkus dengan kulit pancake.

Kulit berwarna hijau itu tak terlalu tebal dan teksturnya pun sama lembutnya dengan pasta. Ukuran Pancake Durian sendiri relatif kecil. Pancake biasa disajikan terbelah dua. Satu belahan muat dalam mulut.

Saat digigit, durian seketika lumer di mulut. Aroma durian masih tercium walau tak sekuat jika makan durian langsung dari buahnya. Durian yang halus berpadu dengan kelembutan kulit. Rasa manis yang tak terlalu mengigit bisa membuat penikmatnya ketagihan.

Namun bersiap terheran-heran dengan harga Pancake Durian. Satu potong kue ini diberi harga Rp 26.500. Makan satu potong Pancake Durian sebenarnya tidak cukup. Tetapi jika Anda penggemar durian, penganan satu ini wajib Anda coba.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Ni Luh Made Pertiwi F
Editor : I Made Asdhiana