Sabtu, 20 Desember 2014

News / Travel

Promosi Pulau Merah Lewat Kejuaraan Selancar Internasional

Jumat, 3 Mei 2013 | 16:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 18 negara dipastikan akan berpartisipasi dalam "Red Island Banyuwangi International Surf Competition 2013" yang diselenggarakan Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur, bekerja sama dengan Blue Fin Surfing Factory, 24-26 Mei 2013.

Peserta asing tersebut di antaranya berasal dari Australia, Amerika, Selandia Baru, Singapura, Malaysia, Jerman, Italia, Swedia, Brazil, Portugal, Perancis, Austria, dan Belanda.

"Sejauh ini persiapan yang dilakukan panitia telah mencapai 85 persen seperti jumpa pers, akomodasi peserta, dan lokasi perlombaan juga sudah ditetapkan. Dengan persiapan matang, kami optimistis kejuaraan surfing di Banyuwangi bisa berjalan dengan lancar," kata Ketua Umum Panitia Suprayogi di Banyuwangi, Jumat (3/5/2013).

Jumlah peserta hingga kini sebanyak 28 peselancar asing dari 18 negara. Sementara di tingkat lokal dan nasional tercatat 100 peserta yang sudah mendaftarkan diri, namun jumlah peserta kemungkinan bisa bertambah.

Menurut dia, tujuan kompetisi selancar tersebut untuk  mempromosikan Pulau Merah sebagai salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Banyuwangi. Juga, lanjutnya, mengenalkan titik selancar yang baru bagi para peselancar, selain Pantai Plengkung (G-Land) yang sudah sangat terkenal bagi kalangan peselancar kelas dunia.

"Kejuaraan selancar berskala internasional tersebut rencananya akan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Pemuda dan Olahraga, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas," tuturnya.

Ia menjelaskan Pantai Pulau Merah yang terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, itu dipilih sebagai tempat pelaksanaan lomba karena memiliki pemandangan alam yang indah.

"Pantainya yang berhamparkan pasir putih dan di tengahnya berdiri bukit kecil yang bertanah merah. Belum lagi tiga titik ombak yang dimiliki Pulau Merah yang bisa digunakan oleh peselancar pemula, amatir dan profesional di sepanjang tahun," katanya.

Angin laut Pulau Merah cukup kencang, sehingga menyebabkan gelombang lautnya relatif tinggi yang bisa mencapai 4 hingga 5 meter.

"Pada malam hari kompetisi, akan disuguhkan konser musik yang dimeriahkan oleh DJ dan tiga grup band yakni Rescue Rockability, Congrad Good Vibration pada malam esoknya dan hari terakhir ditutup oleh Steven Jam," ujarnya.


Editor : kadek
Sumber: