Minggu, 21 September 2014

News / Travel

Hmm... Nikmatnya Pisang Goreng Ketan Khas Padang

Sabtu, 4 Mei 2013 | 10:15 WIB

Berita Terkait

KOMPAS.com - Kali ini saya sedang nyari tempat makan khas Padang di daerah Bendungan Hilir atau Benhil, Jakarta Pusat. Daerah ini memang cukup tekenal dengan kulinernya. Terutama di sore hingga malam hari. Banyak tempat makan terkenal di sini, mulai seafood, sate padang, masakan khas Aceh juga ada.

Akhirnya saya sampai juga pada Rumah Makan Padang Bunda. Karena memang tujuan awal untuk mencoba makanan yang agak unik di sini, yaitu pisang goreng ketan. Sebenarnya cukup menarik menu-menu khas padang yang lain. Seperti ketupat sayur padang, mie rebus padang, gado-gado padang, nasi goreng padang, dan soto padang.

Saya kali ini pingin coba soto padang dan pisang goreng ketan saja, karena sudah lama banget tidak makan soto padang. Sedangkan kalau pisang goreng ketan ini menu yang unik menurut saya, jadi perlu di coba.

Soto padang dagingnya garing banget terasa kres... kres, berisi daging, bihun dan perkedel. di menu, tarifnya tercantum Rp 23.000. Dan tidak lupa kerupuk merah yang dipisah tersendiri.

Kuahnya juga sedap dan segar, dan khasnya soto padang yaitu di sajikan dengan mangkuk kecil, jadi tentu isinya sedikit. Saya suka nih sama soto padangnya, daging garing dan kuah yang pas rasanya, dan tidak bau rempah-rempah. Soalnya beberapa kali makan soto padang di beberapa tempat kuahnya masih terasa aroma rempah-rempahnya, tapi yang ini enak dan sedap.

Untuk sambal soto padang, menggunakan sambal merah giling halus dan sedikit pedas. Untuk dicampur di soto padang tentu menambah rasa lebih nikmat.

Menu satu porsi pisang goreng ketan, berisi ketan dan dua pisang goreng seharga Rp 12.000. Pisang gorengnya banyak tepung di pinggirannya. Pisangnya disajikan masih panas dan manis. Jenis pisang yang dipilih di sini adalah pisang kepok. Ketannya sendiri diberi topping parutan kelapa, unik juga nih makanan yang satu ini.

Saya coba makan sedikit ketan dan pisang gorengnya. Hmm... enak lho. Memang cara makannya bersamaan supaya lebih nikmat. (Frans)


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : kadek
Sumber: