Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perayaan 608 Tahun Kedatangan Cheng Ho Digelar di Semarang

Kompas.com - 05/08/2013, 12:43 WIB
SEMARANG, KOMPAS — Perayaan 608 tahun pendaratan Laksamana Cheng Ho atau Sam Poo Tay Djien akan digelar masyarakat Tionghoa di Kota Semarang, Jawa Tengah. Perayaan ini melibatkan dua kelenteng besar di Semarang, yakni Kelenteng Besar Tay Kak Sie di Gang Lombok dan Kelenteng Agung Sam Poo Kong (Gedung Batu), Simongan.

Pengamat budaya Tionghoa, Yongki Tio, Minggu (4/8/2013), di Semarang, mengemukakan, perayaan kedatangan Cheng Ho sudah menjadi agenda wisata. ”Acara itu dipuncaki dengan kirab patung Cheng Ho dari Kelenteng Tay Kak Sie menuju Sam Poo Kong,” ujarnya.

Kirab tersebut digelar pada Selasa (6/8/2013) untuk melengkapi kisah pendaratan Cheng Ho di Semarang. Kirab juga diiringi sejumlah grup barongsai dan liong, gamelan tradisional Tiongkok, pasukan berkuda, dan barisan umat kelenteng.

Perayaan kedatangan Cheng Ho diawali dengan sembahyangan pada Senin (5/8/2013) malam di Kelenteng Kay Tak Sie, yang diisi pula dengan beragam sajian kesenian di panggung terbuka replika kapal di Kali Semarang.

Anggota Panitia Perayaan Cheng Ho, Yuli, mengatakan, Gubernur Jateng terpilih Ganjar Pranowo akan menghadiri acara itu. (WHO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com