Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT Ke-204 Kota Bandung Berlangsung Meriah

Kompas.com - 28/09/2014, 08:12 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sabtu (27/9/2014) malam, Kota Bandung jadi lautan manusia. Mereka tumplek di sepanjang Jalan Ir. H. Djuanda atau Jalan Dago, Kota Bandung, Jawa Barat untuk ikut merayakan Hari Jadi ke-204 Kota Bandung yang jatuh pada 25 September. Beragam pertunjukan hadir disini. Berbagai group band tampil, di antaranya Mocca, The Panas Dalam, Payung Teduh, Teman Sebangku, Juicy Luicy, Afterisya dan kelompok musik lainnya.

Suguhan kuliner juga hadir di sini. Hadir juga orang nomor satu di Kota Bandung, yakni Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Emil. Sekitar pukul 21.55 WIB, Emil naik ke atas panggung menyapa warga Bandung yang memadati Jalan Ir H Djuanda. "Selamat malam warga Bandung," kata Emil dalam sambutannya. Sapaan Emil pun disambut tepuk tangan meriah ribuan manusia itu. "Selamat ulang tahun Kota Bandung yang ke-204. Terima kasih kepada Bandung yang begitu sayang kepada kita (warga Bandung), kita harus lebih mencintai lagi kota kita," kata Emil.

Emil pun meminta warga Bandung untuk memberikan ucapan selamat kepada Bandung dengan sebuah nyanyian. "Bandung jadi lautan manusia. Dalam lautan manusia ini (saya) ada satu permintaan. Kita menyanyikan ulang tahun untuk Bandung yang kita cintai ini, mudah-mudahan Kota Bandung selalu mendapatkan berkah dari Allah SWT," kata Emil. Mereka yang hadir pun langsung menjawab, "Amiinnn..."

"Happy Birthday Bandung, Happy Birthday Bandung," kata Emil bernyanyi sambil diikuti jutaan manusia itu. Setelah itu, dinyanyikan pula lagu kebangsaan, yakni, 'Halo-halo Bandung'. "Tepuk tangan Kota Bandung," teriak Emil yang disambut tepuk tangan meriah.

KOMPAS.COM/RIO KUSWANDI Langit di Kota Bandung, Jawa Barat, terlihat percikan kembang api nan indah, Sabtu, (27/9/2014) tengah malam. Ini merupakan pesta kembang api di Kota Bandung dalam rangka memeriahkan HUT Kota Bandung yang ke-204 yang jatuh pada 25 September. Ribuan warga Bandung pun menyaksikan pesta kembang api ini secara langsung.
Kepada mereka yang hadir, Emil memberikan nasihat agar Hari Jadi Kota Bandung dimaknai dengan sebaik-baiknya. Warga Bandung diminta melakukan yang terbaik untuk membawa kota kembang ini lebih maju dari kota-kota lain yang ada di Indonesia. "Sekali lagi, selamat ulang tahun Bandung. Cintai kota Bandung dengan aksi, mari ciptakan solusi untuk Bandung," kata Emil yang disambut tepuk tangan meriah.

Emil pun kembali mengingatkan agar jangan lupa menyaksikan pesta kembang api pada pukul 23.00 WIB yang berpusat di Jalan Dago dan di Lapangan Gasibu. "Nanti jam 11 (23.00 WIB) malam, jangan lupa ya. Akan ada pesta kembang api," kata Emil.

Pantauan Kompas.com, hampir seluruh ruas jalan yang berada di jantung atau pusat Kota Bandung mengalami kemacetan yang panjang. Kendaraan hampir tidak bergerak. Pengendara diimbau agar tidak melintasi Jalan Dago atau jalan di sekitar kawasan Jalan Dago. Pantauan di Lapangan Gasibu, tumplek pula ribuan manusia. Mereka sebagian menggelar pengajian di tengah lapangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com