Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Tips Liburan ala Sandra Dewi

Kompas.com - 21/09/2015, 14:07 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan berlibur semakin banyak, tak hanya dalam hal destinasi tapi juga metode. Istilah 'koper dan ransel' adalah salah satu bentuk pilihan yang tak asing, tapi selain itu ada juga pilihan lain: tur.

Terkait hal ini, brand ambassador Panorama Tour, Sandra Dewi memberikan tips dan kelebihan wisata tur saat ditanya dalam talkshow World of Panorama (WoP) - Travel Shiok!, di Atrium Utama, Plaza Senayan, Jakarta, Minggu (20/9/2015).

Menurut model dan artis film itu, salah satu kelebihan menggunakan tur ialah segala sesuatu sudah diurus dan disediakan. Sandra memberi contoh transportasi dan destinasi wisata. Salah satu kesulitan libur tanpa tur ialah mencari transportasi di destinasi tujuan. Apalagi jika itu negara lain, sistem transportasi umum seringkali berbeda dan sulit.

"Kalau dengan tur, kendaraan sudah ada ya, malah dilengkapi dengan pemandu yang akan menjelaskan history tempat-tempat yang dilewati," ujar Sandra.

Sandra mengaku pernah tertidur di kereta saat berlibur sendirian ke Jepang dan melewatkan beberapa destinasi yang ia rencanakan. Ini salah satu alasan mengapa Sandra lebih suka memilih tur. Di dalam bus, Sandra mengaku bisa tidur tanpa takut melewatkan destinasi tujuannya.

"Kalau ikut tur, di dalam bus kita bisa bebas, mau tidur atau lihat-lihat pemandangan, destinasi tujuan kita tidak akan terlewat," katanya.

Kelebihan lain dari tur, menurut Sandra, ialah jadwal dan destinasi yang pasti. Bagi Sandra, salah satu kelemahan berlibur sendirian ialah malas. Bagi sebagian wisatawan, bangun pagi jadi hal yang sulit, apalagi saat tak terikat jadwal. Sementara jika ikut tur setiap kegiatan sudah terencana dan harus diikuti. Sehingga tidak ada waktu yang terbuang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com