Apa Bedanya Kamar Hotel "Single Bed", "Double Bed" dan "Twin Bed"? - Kompas.com

Apa Bedanya Kamar Hotel "Single Bed", "Double Bed" dan "Twin Bed"?

Sri Anindiati Nursastri
Kompas.com - 03/07/2016, 15:13 WIB
KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Kamar Hotel kelas deluxe di Royal Tulip.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mayoritas hotel menyediakan fasilitas single bed, double bed, dan twin bed. Perhatikan bedanya, jangan sampai salah pesan.

Baik hotel berbintang maupun non-bintang menyediakan kamar dengan ukuran kasur berbeda. Ada yang single bed, double bed, dan twin bed. Perbedaan antara ketiganya penting diketahui, penggunaannya tergantung dengan siapa Anda menginap.

"Single dan double bed itu satu tempat tidur. Perbedaan hanya terletak pada ukuran. Single itu biasanya queen size untuk satu atau dua orang. Sementara double itu king size untuk dua orang," tutur T Marlene Danusutedjo, Director of Marketing Communications
JW Marriott Jakarta, kepada KompasTravel, Kamis (30/6/2016).

Lalu bagaimana dengan twin bed? Marlene mengatakan, twin bed terdiri dari dua single bed yang terpisah. Biasanya, twin bed dipesan oleh tamu yang menginap bersama teman atau kerabat.

Selain ukuran kasur, hotel biasanya menamai tipe kamar secara umum. Standard Room adalah kamar dengan fasilitas standar pada hotel tersebut. Satu tingkat di atasnya ada Deluxe Room, kemudian beberapa tipe premium seperti Family Room, One Bedroom Suite, dan Presidential Suite.

"Family room biasanya dalam 1 kamar ada 1 double bed (king size), 1 sofa, dan luas kamar lebih besar dibandingkan kamar standar, terkadang juga ada living room-nya kecil, tapi untuk hotel-hotel baru sudah jarang yg ada living room-nya," ungkap Corporate Asst. Marketing Communication Manager Santika Indonesia Hotels & Resorts, Hinggi Safaranti.

Family Room biasanya mencakup satu double bed dan satu single bed, atau tiga single bed sekaligus dengan ruangan yang lebih besar. One Bedroom Suite adalah satu ruangan besar dengan kamar tidur berada di ruang terpisah. Sama dengan kamar tidur yang punya living room alias ruang tengah.

ARSIP HOTEL L SEMINYAK Kamar di Hotel L Seminyak, Bali.
Sesuai namanya, Presidential Suite adalah tipe paling mewah pada sebuah hotel. Mayoritas Presidential Suite terdiri dari dua kamar tidur, dua kamar mandi, juga satu living room. Beberapa hotel bahkan menambahkan fasilitas dapur mini dan ruang kerja.

Siapa dan berapa banyak rekan traveling Anda menentukan jenis kasur dan tipe kamar yang harus dipesan. Jika traveling bersama teman, Standard atau Deluxe Room dengan twin bed bisa jadi pilihan.

Kalau menginap bersama keluarga, lihat dulu budget Anda. Bisa pesan Standard atau Deluxe Room dengan twin bed, bisa juga pesan Family Room. Kalau mau merogoh kocek lebih dalam, bisa memilih Presidential Suite yang luas.

Namun jika traveling bersama pasangan, apa pun tipe kamarnya, pastikan Anda memilih double bed. Tentunya Anda tidak mau tidur pisah ranjang dengan suami atau istri bukan?

PenulisSri Anindiati Nursastri
EditorNi Luh Made Pertiwi F
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM