Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nuansa Alam Sangat Terasa di Permandian Kaongko Ongkea

Kompas.com - 07/10/2016, 13:02 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BUTON, KOMPAS.com - Suara dahan pohon yang saling bergesekan terdengar begitu kuat, sehingga menimbulkan suara seperti nyanyian alam yang indah. Gemercik air bening yang mengalir dari aliran sungai menambah suasana di sekitar permandian semakin eksotis.

Permandian yang berada di Desa Kaongke Ongkea, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, ini merupakan tempat favorit bagi warga sekitar. Air yang bening, jauh dari kebisingan kendaraan menjadikan permandian tersebut sering dikunjungi warga.

Kebanyakan warga yang datang berekreasi ke permandian tersebut bersama keluarga tercinta. Hal ini seperti dilakukan Wati W (30), dari Kota Baubau yang datang bersama keluarga besarnya untuk datang berekreasi. Untuk menuju permandian ini hanya berjarak 20 kilometer atau butuh waktu 30 menit dari Kota Baubau.

“Kami sering datang ke sini, karena tempatnya bagus dan indah. Suasana alam yang kehijauan di sini sangat kental dan begitu indah. Selain itu juga, air di sini sangat bening dan jernih,” kata Wati, Kamis (6/10/2016).

Selain datang berekreasi, ia bersama keluarganya sekalian datang mencuci di permandian aliran sungai tersebut. Menurut Wati, mencuci sambil berekreasi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan kerabat dan keluarga besarnya.

Ya, air yang bening menjadikan siapa saja yang melihatnya jadi tergoda untuk mandi. Namun jangan khawatir permandian tersebut tidak terdapat hewan buas.

Seperti dituturkan Agus, permandian tersebut sering dikunjungi warga setempat. “Permandian ini ada yang di bagian atas juga ada, bagian di bawah juga. Tapi banyak yang datang ke bagian bawah,” kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com