Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Macet, Tips Agar Tak Telat ke Bandara Saat Demo 4 November

Kompas.com - 04/11/2016, 09:20 WIB

KOMPAS.com - Demo 4 November 2016 yang berlangsung di tengah kota Jakarta diprediksi bisa membuat macet jalanan. Jika Anda hendak ke Bandara Soekarno Hatta atau Bandara Halim Perdanakusuma hari ini, ada baiknya mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Lakukan mobile check-in

Beberapa maskapai nasional sudah menyediakan fasilitas self check-in via mobile maupun dekstop. Dengan fasilitas ini, Anda bisa menghemat waktu untuk proses check-in di bandara. Hal ini terutama jika rute yang dipilih adalah rute domestik.

2. Tanpa bagasi

Usahakan membawa barang bawaan sedikit mungkin. Ada baiknya, tidak membawa barang bawaan yang harus masuk ke bagasi.

Perlu diperhatikan umumnya tiap penumpang hanya boleh membawa dua tas dengan ukuran tertentu untuk masuk ke kabin. Biasanya koper kecil dan tas jinjing kecil. Dengan begini, Anda tak perlu antre untuk memasukan barang ke bagasi.

3. Unduh aplikasi mobile PT Angkasa Pura II

Dengan aplikasi ini, penumpang bisa mengetahui jadwal penerbangan dalam status real time. Selain itu, ada informasi toko dan restoran hingga transportasi menuju bandara. Dalam aplikasi juga dicantumkan informasi lalu lintas.

4. Terminal keberangkatan

Hal ini sepele namun kerap membuat waktu Anda berlama-lama di bandara terutama Bandara Soekarno Hatta ketika mencari terminal keberangkatan. Apalagi sejak dibukanya Terminal 3 New, ada perubahan terminal keberangkatan dari berbagai maskapai.

5. Gate keberangkatan

Jika Anda menggunakan fasilitas self check-in, biasanya gate keberangkatan tidak dicantumkan. Oleh karena itu, pastikan saat menuju boarding room, Anda tanyakan terlebih dahulu di mana gate keberangkatan untuk pesawat Anda.

6. Siapkan dokumen dan hafalkan nomor pesawat

Hafalkan nomor pesawat Anda agar memudahkan Anda mencari informasi keberangkatan saat tiba di bandara. Satu hal sepele yang terkadang terlupakan adalah siapkan segala dokumen sebelum berangkat ke bandara. Mulai dari identitas diri, paspor (jika Anda bepergian ke luar negeri), sampai print out boarding pass.

7. Menuju bandara

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com