Ada yang Berubah dari Sate Taichan Senayan... - Kompas.com

Ada yang Berubah dari Sate Taichan Senayan...

Silvita Agmasari
Kompas.com - 05/01/2017, 19:08 WIB
Kompas.com/Silvita Agmasari Sate taichan adalah sate ayam tanpa bumbu kecap dan bumbu kacang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi penggemar sate taichan di daerah Senayan, kini ada yang berubah dari lokasinya. Lokasi sate taichan tak lagi ada di Jalan Asia Afrika yang mengarah ke Patal Senayan, melainkan di seberang jalan dari lokasi sebelumnya. Tepat di depan pintu gerbang Gelora Bung Karno (GBK) Jalan Plaza Barat. 

"Ini penataan dari kecamatan, kelurahan, dan GBK mulai November 2016. Kalau lokasi lebih enak di sini, lebih aman, gak was-was. Cuma jadi banyak saingannya," kata Amir, pelopor sate taichan di daerah Senayan.

Ia mengatakan tempat berjualan sate taichan tak mengantongi izin, sehingga berisiko digusur. Saat ini di depan pintu gerbang GBK Jalan Plaza Barat mulai bermunculan sate taichan dengan berbagai merek baru.

"Awalnya yang jual sate taichan memang saya sama Ocit. Sekarang jadi banyak yang jualan, tetapi namanya nyari rezeki ya tidak masalah. Allah yang ngasih rezeki," kata Amir.

BACA JUGA: Belum Buka Saja Pembeli Sudah Antre, Apa Rahasia Sate Taichan Bang Ocit Senayan?

Pantauan KompasTravel, di lokasi baru ini para pecinta kuliner khususnya sate taichan lebih dimudahkan lantaran adanya parkir resmi yang berlokasi di GBK dan penyediaan tempat makan dengan meja dan kursi dalam jumlah yang memadai.

Namun saat musim hujan, pengunjung dan penjual bakal kerepotan. Sebab tempat makan ini berada di ruang terbuka dan tanpa tenda. 

Kompas.com/Silvita Agmasari Lokasi baru sate taichan Senayan di depan gerbang GBK Jalan Plaza Barat.

Selain sate taichan ada pula kuliner lain seperti nasi goreng, tempe mendoan, kebab, dan lainnya. Namun kebanyakan penjual memang menjual sate taichan. Ada lebih dari sepuluh penjual sate taichan dengan ciri khas lampu neon yang mencantumkan nama penjual.

Meski pindah ke lokasi baru, harga sate taichan juga tak berubah. Harganya Rp 20.000 untuk 10 tusuk sate, dan Rp 25.000 untuk porsi 10 tusuk sate lengkap dengan lontong.

Mulai tahun 2016, sate taichan populer di kalangan masyarakat Jakarta. Sate ini berbeda dari sate kebanyakan yang menggunakan kecap dan bumbu kacang. Sate taichan sebenarnya adalah sate daging ayam yang dibumbui hanya dengan garam, penyedap, jeruk nipis, dan disantap dengan sambal sate yang encer.

PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM