Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia, Negara ASEAN Penyumbang Wisman Terbanyak di Hongkong

Kompas.com - 08/03/2017, 21:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari semua negara di Asia Tenggara, Indonesia menyumbang wisatawan mancanegara (wisman) terbanyak ke Hongkong. Hongkong Tourism Board (HKTB) mencatat 464.000 orang Indonesia berkunjung ke Hongkong sepanjang 2016.

Angka tersebut naik sebesar 12 persen dari tahun sebelumnya. Sementara itu, kedatangan wisatawan global naik lebih dari 15,9 persen di tahun yang sama.

"Kami bersyukur atas dukungan besar yang diberikan, dan kami berjanji akan fokus menjaga investasi kami di Indonesia. Kami akan terus berusaha dan berinovasi agar konsumen dapat menemukan kegembiraan dalam kunjungan mereka ke Hongkong," kata Regional Director Southeast Asia Hongkong Tourism Board (HKTB), Simon Wong saat memberi sambutan di acara kampanye "Best of All, It's in Hongkong", di Mal Kuningan City, Jakarta, Rabu (8/3/2017).

BACA: Wahana Iron Man Hadir di Hongkong Disneyland

Untuk semakin meningkatkan jumlah wisatawan, HKTB meluncurkan kampanye baru "Best of All, It's in Hong Kong". Dijelaskan oleh Simon, kampanye ini mengajak para wisatawan untuk merasakan sensasi bertualang di Hongkong layaknya penduduk lokal.

"Kami percaya dengan bertualang layaknya penduduk lokal, wisatawan dapat merasakan Hongkong yang lebih otentik," tuturnya.

Empat area difokuskan untuk melancarkan strategi pemasaran wisata tersebut yakni petualangan keluarga, mode dan hiburan, hidangan, dan kegiatan luar ruang. Tempat-tempat anti-mainstream untuk wisatawan tetapi yang justru dikenal oleh penduduk lokal diunggulkan oleh HKTB untuk menggenjot jumlah wisatawan.

BACA: Ini Tipe Turis Indonesia yang Doyan Berlibur ke Hongkong

"Ini adalah kampanye baru yang diluncurkan tahun ini. Untuk itu kami akan bekerja sama dengan maskapai penerbangan dan agen perjalanan untuk memperkenalkan kampanye ini ke konsumer agar mereka dapat berkunjung ke Hongkong," kata Simon.

Berdasarkan data dari HKTB, kunjungan wisman ke Hongkong didominasi oleh turis asal mainland China disusul oleh Taiwan dan Amerika Serikat. Peringkat selanjutnya ditempati oleh turis asal Jepang dan Korea. Indonesia masuk dalam 10 besar negara penghasil wisman terbanyak di Hongkong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com