Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini Terdapat Rute Penerbangan Langsung Bali-Moskwa

Kompas.com - 05/11/2018, 17:15 WIB
Mela Arnani,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan internasional asal Rusia, Rossiya Airlines, membuka rute penerbangan secara langsung Moskwa - Bali dan sebaliknya.

Pembukaan rute penerbangan ini ditandai dengan mendaratnya pesawat Aerofolt milik Rossiya Airlines dengan nomor penerbangan SU-6295 di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, 29 Oktober lalu.

Pesawat tipe Boeing 777-300ER ini mampu mengangkut sebanyak 297 orang.

Seperti diketahui, Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai berada di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura (AP) I.

Informasi dibukanya rute baru ini juga disampaikan melalui akun Instagram Angkasa Pura I, @ap_airports hari ini, Senin (5/11/2018).2pm PDT.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Sekarang udah ada direct flight Rusia-Indonesia, ini, #SahabatAP1! . Melihat potensi wisatawan dari Rusia ke Indonesia yang meningkat sebesar 37%, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali akhirnya membuka rute penerbangan langsung Moskow-Denpasar. Penerbangan rute ini akan dilayani sebanyak tiga kali seminggu, yaitu pada hari Rabu, Jumat, dan Minggu. . Sebaliknya, rute Denpasar-Moskow dijadwalkan akan beroperasi pada hari Senin, Kamis, dan Sabtu. Penerbangan ini bekerja sama dengan maskapai penerbangan Aerofolt-Rossiya Airlines. Adanya direct flight ini juga jadi bukti bahwa Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sudah siap melayani penerbangan langsung jarak jauh dengan kesiapan infrastrukturnya. . Siapa nih yang pengin banget liburan ke Rusia? Siap-siap nabung dulu, yuk! . #AngkasaPura1 #BanggaMelayaniBangsa

A post shared by Angkasa Pura Airports (@ap_airports) on Nov 2, 2018 at 11:32pm PDT

Dibukanya penerbangan secara langsung dari Bali ke Moskwa dan sebaliknya, dikarenakan meningkatnya potensi wisatawan Rusia ke Indonesia sebesar 37 persen.

"Pada 2017 lalu, wisatawan dari Rusia ke Indonesia naik sebesar 37 persen dari tahun sebaliknya, menjadi 110.000 wisatawan," kata Duta Besar RI untuk Rusia dan Republik Belarus M Wahid Supriyadi dalam keterangan tertulis.

Rute penerbangan Indonesia-Rusia memang pernah ada sejak beberapa tahun lalu, namun bukan merupakan penerbangan langsung.

"Sebelumnya memang ada penerbangan langsung pada 30 tahun yang lalu dan masih bersifat charter flight. Dengan adanya direct flight ini akan sangat bermanfaat, terutama bagi wisatawan," ujar Wahid.

Dengan adanya penerbangan secara langsung ini, ditargetkan jumlah wisatawan akan meningkat menjadi 145.000 orang.

Penerbangan secara langsung dari Bandar Udara Sheremetyevo di Kota Moskwa, Rusia menuju Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Kota Denpasar, Bali ini akan dibuka sebanyak tiga kali dalam satu minggu.

Jadwalnya yaitu pada hari Rabu, Jumat, dan Minggu dengan nomor penerbangan SU-6295.

Sedangkan, untuk rute Denpasar ke Moskwa akan beroperasi pada hari Senin, Kamis, dan Sabtu dengan nomor penerbangan SU-6296.

Pesawat akan berangkat dari Bali pukul 10.05 Wita, dan akan tiba di Moskwa pukul 17.50 waktu setempat.

Aeroflot-Rossiya Airlines didirikan pada tahun 1923, di mana merupakan salah satu maskapai tertua di dunia yang masih beroperasi.

Aeroflot tercatat melayani 32,8 juta penumpang dari 146 rute dari 52 negara di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com