Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Puasa saat Traveling

Kompas.com - 08/05/2019, 19:10 WIB
Nur Rohmi Aida,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Puasa pada bulan Ramadan adalah saat yang spesial bagi seluruh muslim. Momen dibukakannya banyak pintu pahala. Puasa tentunya bukan halangan bagi kita untuk melakukan beragam aktivitas, termasuk traveling.

Nah, agar puasa kita tetap bisa terjaga ada baiknya anda tidak melakukan hal-hal ini selama traveling.

1. Mendatangi tempat-tempat yang terlalu ekstrem

Berwisata boleh saja, namun pertimbangkan untuk memilih tempat-tempat wisata yang memiliki medan-medan yang tidak terlalu berat. Hal ini karena medan yang berat, seperti saat pendakian gunung, membutuhkan konsentrasi tinggi dan tenaga ekstra.

Saat sedang puasa, kita dituntut untuk menahan lapar dan dahaga. Secara otomatis, asupan cairan dan gizi kita berkurang hingga rentan untuk mengalami dehidrasi.  Sebaiknya traveling yang beresiko menguras tenaga ekstra sebaiknya dihindari.

2. Jalan-Jalan sambil ghibah

Ghibah atau membicarakan kejelekan orang lain bisa mengurangi nilai pahala kita. Saat traveling bareng teman dekat biasanya kita tak luput dari aktivitas bercakap-cakap, istilahnya ngobrolin orang.

Nah saat puasa seperti sekarang ini, ada baiknya Anda menahan diri untuk tidak membicarakan kejelekan orang lain. Cobalah untuk melakukan hal-hal asyik seperti mencari tahu sejarah tempat yang anda kunjungi, atau mengobrol dengan warga sekitar.

3. Bagaimana dengan berenang?

Berenang adalah aktivitas yang menyehatkan. Bahkan berenang termasuk olahraga yang disarankan dalam Islam.

Tapi ketika puasa, sebaiknya anda mempertimbangkan jika ingin berenang. Karena ketika berenang, terdapat resiko anda menelan air yang tentunya bisa membatalkan puasa anda.

4. Mendatangi destinasi wisata kuliner

Bukan masalah sebenarnya datang ke tempat-tempat yang menjual banyak makanan enak. Asalkan anda orang yang kuat iman, tentunya hal ini bukanlah masalah.

Hanya saja, ada baiknya anda mempertimbangkan untuk mendatangi tempat-tempat semacam ini ketika waktu berbuka tinggal sebentar lagi.

Sehingga jika ada makanan yang benar-benar anda inginkan, anda tidak perlu menunggu lama untuk menikmatinya.

5. Lupa waktu shalat

Traveling adalah hal yang tidak wajib. Maka jangan sampai karena alasan traveling anda justru mengabaikan hal-hal wajib seperti halnya shalat wajib 5 waktu.

Tetap melaksanakan shalat dan puasa di bulan ramadahan tentunya adalah hal yang pantas diupayakan supaya ibadah kita di bulan puasa berjalan sempurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com