Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Baru TMII Diresmikan, Kini Punya Air Mancur Menari

Kompas.com - 01/09/2023, 21:53 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Wajah baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah diresmikan pada Jumat (1/9/2023). Peresmian dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Ini adalah kali pertama TMII direvitalisasi dalam 48 tahun terakhir.

"Masyarakat sekarang bisa mengunjungi dan menikmati wajah baru TMII yang tertata rapi, lebih hijau lebih indah, dan lebih nyaman," kata Jokowi saat meresmikan wajah baru TMII, Jumat (1/9/2023).

Baca juga: Resmikan Revitalisasi TMII, Jokowi: Masyarakat Sekarang Bisa Nikmati Taman Mini yang Lebih Hijau

Peresmian dimeriahkan beragam atraksi baru di TMII, seperti Tirta Cerita dan Light Drone Show di area Danau Archipelago yang menampilkan pertunjukan dongeng pada water screen dan 300 drone show yang menghiasi langit dengan indah.

Sejumlah cerita rakyat ditampilkan dalam pertunjukan Tirta Cerita berdurasi 21 menit dengan kisah Keong Mas sebagai penutup.

Kini TMII juga memiliki Contemporary Art Gallery dan Jagat Satwa Nusantara yang meliputi taman burung, taman reptil, dan dunia air tawar yang telah dilakukan beautifikasi, seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: Naik LRT Jabodebek ke TMII, Bisa Mampir 8 Tempat Wisata Ini 

TMII menjadi lebih hijau seusai direvitalisasi karwna dibangun dengan konsep 70 persen ruang terbuka hijau dan 30 persen bangunan. 

"Dan juga seluruh bangunan museum dan anjungan daerah juga telah dipercantik dan direvitalisasi dengan mengusung konsep inklusif, culture dan smart," kata Jokowi, seperti dikutip Kompas.com.

Harga tiket tetap Rp 25.000

Meski hadir dengan wajah baru, namun harga tiket TMII tetap sama, yakni Rp 25.000.

 

Suasana Danau Archipelago jelang peresmian wajah baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur, Jumat (1/9/2023).KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Suasana Danau Archipelago jelang peresmian wajah baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur, Jumat (1/9/2023).

Adapun pengelolaan TMII diserahkan Kementerian Sekretariat Negara kepada anak perusahaan Holding BUMN Pariwisata dan Pendukungnya PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney yakni PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) per 1 Juli 2021.

Baca juga: 4 Aktivitas di Taman Burung TMII, Naik Jembatan dan Ngopi di Dalam Gua

"Pasca-revitalisasi fisik yang telah dilaksanakan oleh Kementerian PUPR, kami juga melakukan improvement pada beberapa aspek untuk meningkatkan kualitas layanan dan juga daya tarik berupa atraksi yang bisa dinikmati pengunjung di TMII," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, seperti dikutip dari Antara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com