Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uniknya Fashion Show di Tengah Hutan Bandung

Kompas.com - 11/06/2024, 07:07 WIB
Reni Susanti,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Summer atau musim panas menjadi salah satu momen yang dinantikan sebagian orang untuk berwisata di pantai ataupun alam terbuka. Tentunya dengan outfit yang sesuai agar tetap nyaman namun enak dipandang.

Hal itu terlihat dari peragaan busana di tengah hutan Orchid Forest Cikole, Kabupaten Bandung, bertajuk Collaforestion. Sesuai dengan namanya, peragaam busana kali ini dibuat sangat unik. Yakni fashion show di tengah hutan pinus.

Ada beberapa baju brand yang berkolaborasi mengisi acara, yakni brand clothing asal Bandung, Jion Studios dan Nanas.id dari Bali.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Dekat Alun-alun Bandung, Bisa Jalan Kaki

Founder Jion Studios, Wildi Cahya mengatakan, kolaborasi ini memiliki misi kebaikan untuk alam semesta karena mengusung konsep sustainibility.

Konsep fesyen berkelanjutan

Konsep sustainibility fashion atau fesyen berkelanjutan menjadi hal yang diusung oleh pegiat fesyen masa kini.

Para fashion designer saat ini pun lebih mengedepankan prinsip ramah lingkungan tanpa berdampak kerusakan pada alam.

Baca juga: Larisnya Roti Macan di Bandung, Harus Antre Sebelum 10.00 WIB

"Untuk koleksi Collaforestion saat ini, Jion Studios mengusung beberapa koleksi yang menggunakan detail material organik dan ramah lingkungan sehingga produk kami tidak berdampak kerusakan lingkungan," kata Wildi kepada Kompas.com, Minggu (9/6/2024).

Pakaian yang cocok digunakan saat liburan ini menggunakan bahan linen organik, sehingga cocok digunakan saat liburan ke pantai dan cuacanya yang panas.

"Penggunaan bahan linen ini nyaman dan dingin, cocok digunakan saat liburan di pantai. Oleh karena itu kami menamakanya resort wear," kata Wildi.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Sementara itu untuk bagian cuttingnya, koleksi summer ini mengusung gaya yang sedang tren masa kini, yaitu bergaya oversized.

Selain longgar dan nyaman, siluet oversized juga menjadi terkesan universal dan unisex karena bisa digunakan banyak kalangan.

"Saat summer orang pasti memilih bahan yang menyerap keringat dan tidak fresh di badan. Apalagi buat cowok, Jion Studios dalam koleksi ini merancang oversized yang tidak terkesan skinny di badan tapi tampilannya tetap catchy," kata dia.

Baca juga: Lembang Park & Zoo Bandung: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Jam Buka 2024

Sementara itu Marketing Event & Supervisor Orchid Forest Cikole, Diki Irdan, mengatakan Collaforation terbuka mengundang seluruh kalangan pegiat dan pengusaha fashion, baik dari kalangan desainer maupun fashionista.

Ilustrasi Orchid Forest Cikole.DOK.SHUTTERSTOCK/Yoesoep Adji Ilustrasi Orchid Forest Cikole.

Konsep yang menggabungkan fashion show dengan keindahan alam Orchid Forest Cikole ini, kata Diki bisa mengedukasi khalayak tentang pentingnya menjaga kelestarian alam sekaligus mendukung industri sandang yang berkelanjutan.

"Setelah Forestra yang menggabungkan gelaran musik dengan keindahan alam, Orchid Forest kini menampilkan Collaforestion, yakni fashion show yang digelar di tengah-tengah nuasa alam terbuka. Dengan kolaborasi ini diharapkan kalangan muda semakin tertarik untuk datang menikmati alam," pungkas Diki.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com