Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

Disbudpar DKI Targetkan 19 Juta Wisnus

Kompas.com - 19/02/2011, 12:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata DKI Jakarta, Arie Budiman, mengatakan, di tahun 2011 ini target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus) meningkat dari tahun sebelumnya. Dia pun optimistis target bisa tercapai di tahun ini.

Disbudpar menargetkan tingkat kunjungan wisman mencapai 2 juta orang dan wisnus mencapai 19 juta. Di tahun sebelumnya, Jakarta berhasil menarik kunjungan wisman mencapai 1,89 juta orang dan wisnus mencapai 17,5 juta orang.

"Tentu kami optimistis dengan target itu karena akan ada banyak event besar di tahun ini," ungkap Arie, Sabtu (19/2/2011), di Jakarta.

Beberapa event besar yang akan dihelat di Ibu Kota yakni Sea Games yang menjadikan Jakarta sebagai kota penyelenggara, dan sebuah konferensi ekonomi tingkat internasional.

"Konferensi itu akan sangat besar sekali dengan seluruh negara hadir di sini, kami berharap besar konferensi itu mampu menggenjot sektor wisata Jakarta," ucap Arie yang enggan menyebutkan nama acara tersebut.

Faktor lainnya adalah dengan ditetapkannya Indonesia menjadi Ketua KTT ASEAN yang memungkinkan muncul kerja-kerja sama di sektor pariwisata antarsesama anggota ASEAN. Arie tidak mengelak apabila pariwisata Jakarta selama ini sangat dibantu dengan berbagai perhelatan MICE (meeting, incentive, conference, and exhibition).

"Jakarta memang kuat di MICE dan show bizz seperti pertunjukan musik. Profil pengunjung Jakarta terutama wisman memang motivasinya bisnis. Tapi tetap saja berpengaruh pada sektor pariwisata karena orang bisnis juga akan melakukan perjalanan wisatanya di sini," kata Arie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com