Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bath, Kota Wisata Populer di Inggris

Kompas.com - 12/07/2014, 13:35 WIB
KOTA Bath adalah salah satu kota wisata populer di Inggris bisa ditempuh sekitar 3,5 jam dari London jika menggunakan bus. Lokasinya pun dekat dengan Stonehenge (salah satu tempat paling populer di Inggris berupa tumpukan batu-batu besar dari zaman purba). Biasanya para wisatawan akan mengambil satu paket perjalanan dari London ke Bath lalu ke Stonehenge.

Perjalanan ke kota Bath bisa dibilang salah satu pengalaman wisata saya di Inggris yang cukup berkesan, karena kota ini begitu cantik dan mempunyai beberapa tempat yang mengingatkan saya pada Indonesia.

GILANG NUR RAHMAN Kota Bath di Inggris.
Ada satu katedral yang cukup tersohor di Bath. Tepat di samping gereja tersebut terdapat sebuah tempat yang dinamakan Roman Bath. Situs bersejarah ini menjadi asal muasal Kota Bath. Hanya dengan 11 poundsterling kita bisa menikmati suasana pemandian air panas kuno. Roman Bath sampai tahun 60-an masih bisa digunakan sebagai pemandian air panas namun karena kondisi alam gas yang tidak memadai saat ini, malah akan membahayakan pengunjungnya.

Sebetulnya saat saya masuk ke Roman Bath saya jadi teringat dengan pemandian kuno di Yogyakarta, yakni Taman Sari. Hanya saja yang ini memang bangunannya ala arsitek Eropa.

GILANG NUR RAHMAN Georgian Garden di Kota Bath, Inggris.
Di Kota Bath saya juga menemukan tempat yang konon sangat sering dikunjungi oleh para penggemar novel Jane Austin. Untuk kalian yang mengenal nama Jane Austin, Kota Bath sempat menjadi lokasi cerita dari beberapa novel yang ditulisnya.

Ada dua tokoh arsitektur yang paling terkenal di Bath yakni Jhon Wood Sr dan anaknya Jhon Wood Jr. Mereka menjadi tokoh penting di balik beberapa bangunan bersejarah yang ada di Kota Bath. Salah satunya adalah Royal Crecent (bentuk bangunannya seperti bulan sabit), sebuah apartemen kelas atas yang sampai saat ini masih digunakan kaum-kaum elite di Inggris.

GILANG NUR RAHMAN Roman Bath
Taman-taman di Bath juga wajib untuk dikunjungi. Pasalnya banyak benda seni seperti patung yang bisa kita nikmati sambil foto-foto. Waktu terbaik untuk mengelilingi Kota Bath adalah jam 9 pagi dengan matahari yang cerah. Di Inggris kalau kita salah memilih  hari, tempat yang sangat cantik akan kehilangan kharismanya kalau cuaca tidak mendukung. (GILANG NUR RAHMAN, dari London, Inggris)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com