Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Akhir Maret Ini Ada Festival Pesona Cirebon

Kompas.com - 28/03/2016, 08:24 WIB

CIREBON, KOMPAS.com - Festival Pesona Cirebon yang akan diselenggarakan pada 31 Maret sampai 2 April 2016 oleh Keraton Kasepuhan dan Pemerintah Cirebon, Jawa Barat, merupakan awal mula deklarasi Cirebon sebagai tujuan wisata.

"Kami berharap dengan adanya Festival Pesona Cirebon Cirebon bisa dikenal lagi oleh masyarakat luas dan inilah awal mula deklarasi siap menjadi tujuan wisata," kata Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Pangeran Raja Arief Natadiningrat di Cirebon, Minggu (27/3/2016).

Tujuan festival itu adalah menyebarluaskan semua potensi yang ada di Cirebon.

Untuk itu, semua seni, budaya dan juga kuliner asli Cirebon akan disuguhkan selama acara tersebut, agar dikenal lagi oleh masyarakat luas.

KOMPAS.COM/ERVAN HARDOKO Kereta Singa Barong ini dibuat pada 1549 oleh Panembahan Losari dan digunakan semua Sultan Cirebon sejak Sunan Gunung Jati. Di dalam desain kereta kencana ini terdapat akulturasi budaya Islam, Hindu dan China.
"Semua kesenian, budaya dan kuliner khas Cirebon akan digelar selama ajang festival pesona Cirebon," kata Sultan.

Selain pengenalan Cirebon, ajang ini juga bentuk keseriusan Cirebon menjadi Kota Tujuan wisata dan akan mencoba menyusul dua kota wisata di Indonesia yaitu Yogyakarta dan Bali.

Sultan menuturkan meskipun Cirebon saat ini tertinggal jauh dengan dua kota tersebut, akan tetapi Sultan optimis dapat mengejar ketertinggalan itu.

"Harus optimis bisa mengejar ketertinggalan, karena potensi Cirebon itu ada dan harus digali terus digali," tuturnya.

KOMPAS/PINGKAN ELITA DUNDU Nasi Jamblang
Sultan menambahkan persiapan festival tersebut sudah mendekati 100 persen, baik menyangkut tempat mau pun kegiatannya.

"Kalau seniman sudah siap 100 persen dan tempat 80 persen dan kami pastinya percaya saat ajang ini digelar sudah siap semuanya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com