Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buat Libur Lebaran, Apa yang Baru di Ancol?

Kompas.com - 29/06/2016, 20:48 WIB
Adhis Anggiany Putri S

Penulis

KOMPAS.com – Saat libur lebaran tiba, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, sering penuh sesak oleh pengunjung yang berdatangan dari ragam daerah. Kemacetan di loket masuk biasa berlanjut ke jalur-jalur internal antar wahana di Ancol.

Pada libur lebaran tahun lalu, misalnya, pengunjung Ancol mencapai 754.000 orang. Pada tahun ini, Ancol menambah target kunjungan 2016 menjadi lebih kurang 874.000 atau sekitar 185.000 pengunjung per hari. Apa yang baru?

Pada 7-9 Juli 2016, Ancol menerapkan sistem parkir sentral. Pengunjung yang masuk membawa kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil akan diarahkan petugas Ancol menuju tempat parkir khusus. Parkir sentral sudah disiapkan di wilayah barat, timur, dan selatan kawasan Ancol.

"Nantinya, semua jalan masuk (Ancol) akan ditujukan ke parkir sentral," kata Direktur Rekreasi PT Pembangunan Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali, saat konferensi pers di Ancol, Jakarta Utara, Selasa (28/6/2016).

Untuk menuju wahana wisata di Ancol, pengunjung bisa menggunakan fasilitas bus wara-wiri berjumlah lebih kurang 105 bus. Fasilitas ini gratis bagi semua pengunjung Ancol.

Sebanyak 65 bus berukuran besar dengan kapasitas 50 penumpang akan memenuhi jalur dari utara menuju wahana Gondola yang menjadi tempat transit bus utama.

Lalu, 40 bus berukuran sedang dengan kapasitas sekitar 25 orang akan mengangkut penumpang dari arah selatan Ancol.

Bus juga menyediakan fasilitas khusus bagi ibu hamil, manula, dan penyandang kursi roda. Rencananya, bus wara-wiri selama pukul 05.00 WIB sampai 20.00 WIB.

"Di setiap bus juga ada penanda arah untuk memudahkan pengunjung," ucap Sahir.

Fasilitas penunjang lain turut ditambah pula. Mushala dan tempat wudhu dibangun dan ditargetkan rampung sebelum libur lebaran.

"Tahun lalu kami lihat antrian wudhu sangat panjang, jadi kami tambah. Untuk tempat shalat juga kami siapkan tenda-tenda khusus (sebagai mushala)," tutur Sahir.

Tak hanya itu, Ancol menyiapkan 1.225 petugas yang terdiri dari petugas keamanan internal, polisi, lifeguard, dan anggota pramuka. Untuk menjaga kenyamanan pengunjung, 271 petugas kebersihan disebar di semua unit rekreasi. Lebih kurang 16 truk pengangkut sampah juga dikerahkan.

KOMPAS.COM/ADHIS ANGGIANY Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, C Paul Tehusijarana, berbicara tentang persiapan Ancol menghadapi kepadatan pengunjung saat libur lebaran 2016 pada konferensi pers di Ancol, Jakarta Utara, Selasa (28/6/2016).
"Pengamanan sudah, kerja sama dengan polisi dan pihak lain juga sudah kami lakukan. Harapannya, lebaran di Ancol (tahun ini) bisa lebih baik, kenyamanan juga terjamin," ujar Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, C Paul Tehusijarana, pada kesempatan yang sama.

Wahana baru

Selain fasilitas penunjang, wahana di unit rekreasi Ancol juga bertambah pada musim libur lebaran 2016. Di Pantai Lagoon, pengunjung bisa menjajal water sport seperti aqua fun, banana boat, donut boat, kayak, perahu bebek, dan parasailing.

"Aqua fun ini baru kami datangkan dari Amerika Serikat," ucap Sahir.

Saat mengunjungi Dunia Fantasi (Dufan), wahana film simulator akan menampilkan petualangan baru, yaitu "Panic House".

Di sini, pengunjung diundang ke sebuah rumah bergaya victoria yang indah dan megah. Begitu sudah di dalam, kepanikan akan menyergap dengan kehadiran zombie dan monster.

Selain itu, unit rekreasi lain seperti Atlantis, Seaword, Ocean Dream Samudra, dan Putri Duyung menyuguhkan wahana-wahana baru.

Liburan seru dan lengkap sudah menunggu di Ancol!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com