Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Tahun Lagi, WiFi Gratis Ada di Seluruh Eropa

Kompas.com - 20/09/2016, 15:04 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com - Empat tahun lagi, wisatawan yang berkunjung ke Eropa tak perlu membeli kartu SIM lokal. European Commission berencana menyebar WiFi gratis di seluruh ruang publik di Eropa.

Hal itu dikemukakan oleh President of the Executive Branch European Union, Jean-Claude Juncker. European Commission punya bujet sekitar 120 juta Euro untuk membuat WiFi gratis di seluruh taman, ruang publik, perpustakaan, dan gedung-gedung.

"Semua orang bisa memanfaatkan WiFi gratis tersebut. Jadi mulai hari ini, kami (European Union) mulai menyebar WiFi gratis sampai desa-desa terpencil di Eropa sehingga akan rampung pada 2020," tuturnya seperti dikutip dari situs Travel and Leisure.

Bujet tersebut digunakan untuk meng-install WiFi Reuter di berbagai tempat. Sementara untuk biaya bulanan dan maintenance akan ditanggung oleh pemerintah setempat.

European Commission juga berencana menyuguhkan network 5G di seluruh Eropa pada 2025. Meski begitu, rencana ini harus disetujui oleh European Parliament dan Perdana Menteri masing-masing negara sebelum mulai dikerjakan.

*****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis "Take Me Anywhere 2". Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Cara Mudah Dapatkan Liburan Gratis di Yogyakarta Bareng "Take Me Anywhere 2"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com