Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ombak Besar, 5 Turis Meninggal Tenggelam di Maladewa Sepanjang Januari

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Maladewa memberi peringatan kepada resor di negara tersebut untuk mengawasi keselamatan tamunya. Pasalnya selama sebulan terakhir, banyak  indisen karena angin muson timur laut yang menyebabkan ombak besar.

Tercatat sepanjang Januari 2019, ada lima orang turis di Maladewa yang meninggal dunia. Di antaranya pasangan asal Filipina (pria 29 tahun, perempuan 30 tahun) yang berbulan madu, tewas tenggelam setelah terkena arus bawah laut.

Kemudian dua wisatawan, satu orang asal Republik Ceko (84 tahun), dan satu orang asal Korea Selatan (66 tahun), tewas selang satu hari. Terakhir seorang turis Rusia (40 tahun), meninggal saat mengikuti perjalanan selam.

Rentetan peristiwa tersebut terbilang tidak biasa di Maladewa. Sepanjang 2017 misalnya hanya ada kasus 31 wisatawan yang tenggelam.

Walaupun laut di Maladewa cenderung aman untuk berenang, tetapi pada musim tertentu terkenal akan arus yang kuat.

Wisatawan yang berkunjung ke Maladewa dihimbau untuk mengikuti aturan resor sekaligus saran warga lokal yang dianggap lebih tahu mengenai kondisi cuaca dan arus laut setempat.

Ada rencana, pejabat pariwisata Maladewa akan melakukan tinjauan terhadap resor untuk memberlakukan standar operasional yang aman bagi pengunjung. Sekaligus membahas mengenai perlu atau tidaknya penunjukan daerah di sekitar pulau yang aman untuk berenang. 

https://travel.kompas.com/read/2019/02/04/131000727/ombak-besar-5-turis-meninggal-tenggelam-di-maladewa-sepanjang-januari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke