Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Liburan Pakai Camper Van Saat Pandemi

Berlibur menggunakan camper van dengan keluar atau teman-teman dekat memungkinkan kamu untuk mengurangi interaksi atau kemungkinan bertemu dengan kerumunan orang asing di transportasi atau tempat umum.

Sebelum memutuskan berangkat liburan dengan camper van sewaan, ada beberapa tips yang bisa kamu pelajari agar perjalananmu lebih aman dan nyaman.

1. Pakai jasa tour dan travel

Jika kamu tak mau repot merencanakan itinerary, bujet, hingga sewa mobil, ada baiknya kamu langsung menggunakan jasa tour dan travel saja.

Akhir-akhir ini semakin banyak jasa tour dan travel yang menawarkan paket trip dengan camper van atau camper SUV. Dua di antaranya adalah Gila Nusantara dan Go Escape.

“Pakai jasa travel, karena enggak tahu jadi biar tinggal berangkat saja simplenya,” kata Co-Founder Gila Nusantara bernama Abay ketika dihubungi Kompas.com, Senin (14/12/2020).

Jasa tour dan travel biasanya sudah menawarkan paket all in. Sehingga kamu tinggal membayar biaya paket trip-nya saja, dan segala hal sudah diurus. Mulai dari biaya sewa mobil, bensin, tarif tol, tiket camping ground, tiket wisata, hingga makanan.

Tak itu saja, mereka juga akan menyediakan supir sekaligus guide untuk perjalanan tersebut. Sehingga kamu tak perlu khawatir jika tak ada orang yang bisa menyetir di rombonganmu. Kamu juga tak perlu repot belajar mengemudikan mobil besar tersebut.

Mobil pun dipastikan sudah dalam keadaan bersih dan dalam keadaan prima sebelum berangkat.

2. Bawa obat-obatan pribadi

Walaupun menggunakan jasa tour dan travel, kamu tetap harus mengurus keperluan pribadimu. Salah satu yang tidak boleh dilupakan adalah obat-obatan pribadi.

Menurut Abay, di setiap mobil camper van sudah tersedia perlengkapan P3K dasar yang bisa digunakan. Namun obat-obatan pribadi untuk kondisi tubuh yang khusus harus tetap dibawa sendiri oleh peserta trip.

3. Bawa barang pribadi lainnya

Selain obat-obatan pribadi, sebaiknya bawa juga barang pribadi yang esensial. Seperti masker ganti, baju ganti, handuk, sikat gigi, tisu basah, disinfektan, sunscreen, dan lain-lain. jangan sampai kamu lupa bawa, dan kesulitan mencarinya di daerah tujuan.

4. Bawa jaket tebal

Selanjutnya adalah membawa jaket tebal, khususnya jika kamu mengunjungi tempat berbasis alam yang terletak di area pegunungan. Kamu juga bisa sekaligus membawa sleeping bag jika dirasa perlu.

Mobil camper van biasanya hanya menyediakan kasur dan selimut standard. Jadi di malam hari ketika tidur atau sedang beraktivitas di api unggun, kamu masih harus menggunakan jaket tebal agar tidak kedinginan.

Selain untuk digunakan saat di alam, perjalanan di dalam mobil juga ada kalanya bisa terasa sangat dingin.

5. Bawa pakaian sesuai destinasi

Selain pergi ke pegunungan, kamu juga bisa plesiran ke daerah pantai. Maka dari itu, kamu perlu membawa pakain sesuai dengan destinasi yang dituju.

Jika tujuanmu adalah pegunungan, maka bawa pakaian tebal. Namun jika pantai atau daerah dengan udara yang panas jadi tujuanmu, maka sebaiknya bawa pakaian yang berbahan tipis. Bawa juga pakaian renang jika pergi ke pantai.

Selain itu, jika kamu hanya berlibur selama dua hari satu malam, rasanya kamu tak perlu membawa barang terlalu banyak. Pastikan hanya membawa barang-barang yang sangat penting agar kamu pun tetap punya area duduk yang nyaman.

7. Bawa camilan

Selama perjalanan pastinya kamu akan merasa lapar. Selain camilan dan makanan yang sudah termasuk dalam paket trip dari tour dan travel, ada baiknya kamu membawa camilan ekstra.

Hal ini jadi penting apalagi jika kamu bepergian bersama anak kecil. Pastikan mereka tidak kelaparan saat di perjalanan.

Tak jarang kamu akan sulit menemukan toko untuk membeli camilan di tengah perjalanan. Apalagi jika kamu menempuh trip overland seperti yang ditawarkan Go Escape. Dengan membawa camilan dari rumah kamu juga bisa lebih menghemat pengeluaran.

8. Pertimbangkan tempat yang dituju

Menurut Abay, meriset tempat yang akan dituju juga penting. Sesuaikan dengan keadaan yang akan kamu temui. Jika terbiasa menginap di hotel saat liburan, maka persiapkan diri bahwa liburan kali ini kamu akan tidur di alam.

Selain itu, pastikan tempat yang kamu pilih sebagai camp site punya fasilitas yang cukup. Seperti toilet, kamar mandi, atau tempat ibadah. Pasalnya, camper van tak punya fasilitas itu. Pastikan kamu bisa tetap merasa nyaman.

Perhatikan pula kerumunan wisatawan yang datang. Pilih spot mendirikan tenda yang cukup sepi dan jauh dari wisatawan lain. Hal itu sangat penting di masa pandemi untuk mengurangi risiko bertemu orang asing.

Hal yang tak kalah penting adalah menyesuaikan bujet yang dimiliki. Gila Nusantara dan Go Escape menyediakan beberapa paket trip camper van dan camper SUV. Harganya berkisar Rp 1,7 juta – Rp 4,8 juta.

Pastikan untuk memilih paket yang harganya sesuai dengan kemampuanmu. Pastikan fasilitasnya cukup lengkap dan bisa membuatmu nyaman.

Selanjutnya, pastikan kamu masih tetap memiliki bujet di luar harga paket tersebut. Pasalnya, kamu tidak pernah tahu jika nantinya terdapat kebutuhan darurat saat liburan. Kamu juga mungkin ingin membeli oleh-oleh atau jajan ketika liburan.

10. Persiapkan hiburan untuk di mobil

Ini tak kalah penting. Kamu akan melakukan perjalanan yang cukup lama di mobil. Agar tidak bosan, kamu bisa mempersiapkan hiburan untuk di mobil. Seperti playlist musik atau koleksi film pilihan yang bisa ditonton bersama-sama.

11. Persiapkan itinerary untuk perjalanan custom

Gila Nusantara dan Go Escape juga menyediakan layanan perjalanan custom. Artinya, peserta bisa menentukan sendiri itinerary tempat yang ingin mereka kunjungi sekaligus durasi trip.

Jika kamu punya waktu yang fleksibel, pilihan ini jadi sangat menarik. Kamu bisa menyusun tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi dan menyerahkannya pada pihak tour dan travel. Mereka nantinya akan mengatur itinerary tersebut dan mempersiapkan harga tripnya.

Ini jadi waktunya kamu untuk mengunjungi tempat-tempat yang sudah lama jadi bucket list.

“Kita sharing juga sama tamu. Kadang info tempat wisata dari tamu. Bisa request juga mau ke mana,” pungkas Abay.

https://travel.kompas.com/read/2020/12/15/191900627/tips-liburan-pakai-camper-van-saat-pandemi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke