Salin Artikel

Itinerary Seharian Wisata Cokelat di Swiss, Bisa ke Mana Saja?

KOMPAS.com – Cokelat Swiss adalah salah satu santapan yang populer bagi sebagian besar masyarakat dunia lantaran sudah diekspor ke berbagai penjuru dunia.

Di Indonesia, beberapa merek cokelat Swiss dapat dengan mudah ditemukan di beberapa pasar swalayan. Kendati demikian, menyantap cokelat Swiss dari rumah saja mungkin biasa saja.

Jika ingin merasakan sensasi yang berbeda, kamu bisa coba melakukan wisata cokelat dengan berkunjung ke negara asalnya.

Founder International Travel & Leisure Forum (ITLF) Herry Marhono mengatakan bahwa terdapat dua merek cokelat Swiss terkenal yang pabriknya dapat dikunjungi wisatawan, yakni Cailler dan Lindt.

“Ketika jalan-jalan, pasti ada Zurich (dalam rencana perjalanan). Lindt ini jaraknya sekitar tujuh kilometer (km) dari stasiun kereta api Hauptbahnhof. Di sana ada Lindt Chocolate Fountain,” ucap dia.

Pernyataan itu Herry sampaikan dalam acara Live Instagram Kompas.com Travel Talk “Jelajah Swiss: Manjakan Panca Inderamu”, Rabu (24/3/2021).

Dalam wisata cokelat di Swiss, para pelancong tidak hanya dapat menikmati pemandangan Lindt Chocolate Fountain, tetapi juga beberapa aktivitas wisata menarik.

Itinerary seharian wisata cokelat di Swiss

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut itinerary seharian wisata cokelat di Swiss yang Kompas.com rangkum, Sabtu (27/3/2021):


1. Lindt Home of Chocolate

Lindt Home of Chocolate berlokasi di Schokoladenplatz 1, Seestrasse, tepatnya dekat Danau Zurich.

Selama berada di sana, wisatawan bisa mengikuti tur cokelat dengan panduan audio atau pemandu wisata yang telah disediakan Museum Cokelat Swiss tersebut.

Wisatawan dapat melihat perjalanan cocoa mulai dari biji hingga diolah menjadi produk cokelat, seperti apa kerja para petani cocoa di Ghana, serta perjalanan para penjelajah Spanyol yang membawa minuman cokelat ke Eropa.

Sambil jalan-jalan, pengunjung bisa mencoba cokelat Lindt di rumah produksinya tersebut. Jangan lupa mendengar penjelasan pemandu tentang sejarah Swiss menjadi Ibu Kota Cokelat.

Apabila ingin bersantai sejenak, kamu bisa berhenti di Lindt Chocolate Fountain untuk berfoto-foto atau sekadar melihat aliran cokelat yang ada di sana.

“Terkait dengan Lindt Chocolate Fountain, ini total cokelatnya 1.500 kilogram cokelat asli. Ini tingginya 9,3 meter. Menariknya, ada 94 meter total pipa yang digunakan untuk mengalirkan cokelat ini, dan ini total beratnya tiga ton dengan kecepatan 1 km per detik,” jelas Herry.

Meski mungkin terlihat lezat, wisatawan tidak bisa menikmati cokelat dengan langsung mengambil dari air mancur tersebut.

Jika lapar, pengunjung bisa mampir ke Lindt Cafe untuk mencicipi beragam hidangan yang terbuat dari cokelat Lindt. Namun, mengutip situs resminya, saat ini kafe hanya dibuka untuk takeaway per awal Maret 2021.

Lindt Home of Chocolate buka setiap hari pukul 10.00-18.00 waktu setempat. Harga tiket untuk tur individual mulai dari 10 Swiss franc atau sekitar Rp 152.955 untuk wisatawan berusia tujuh tahun ke atas. Di bawah tujuh tahun bisa masuk gratis.

Sementara untuk tur keluarga, harga tiket per orang dimulai dari 10 Swiss franc untuk wisatawan berusia tujuh tahun ke atas dengan ketentuan setiap pembeli dapat memesan tiket maksimal 10.

Untuk tur cokelat individual dan keluarga dengan durasi sekitar satu jam, jika ingin menggunakan tur audio, maka suara yang terdengar tersedia dalam bahasa Jerman, Inggris, Perancis, Italia, Spanyol, dan Mandarin.

Bagi yang datang bersama 20 orang atau lebih, harga tiket per orang dewasa adalah 13 Swiss franc dan 8 Swiss franc per anak.

Apabila kamu tertarik mengikut kelas-kelas seputar cokelat yang ada di Lindt Home of Chocolate, harganya mulai dari 28 Swiss franc.


2. Thal Nature Park (alternatif)

Jarak tempuh dari Lindt Home of Chocolate di Zurich menuju Maison Cailler di Broc adalah sekitar 198 kilometer (km) atau 2 jam 10 menit menggunakan mobil.

Namun, jika ingin santai sejenak di tengah perjalanan, kamu bisa mengunjungi Thal Nature Park yang letaknya tepat di tengah-tengah kedua lokasi itu.

Jarak tempuh dari Lindt Home of Chocolate menuju Thal Nature Park di Holzlistrasse 57, Balsthal adalah sekitar 91,3 km atau 1 jam 4 menit pakai mobil.

Tempat wisata tersebut merupakan cagar alam yang letaknya di tepat di tengah Swiss karena lokasinya berada di antara Zurich, Berne, dan Basel, menurut informasi dalam My Switzerland.

Sebagai cagar alam, tidak dapat dimungkiri bahwa udara di sana sejuk. Pemandangan alam yang ditawarkan pun masih hijau dengan keasrian khas Swiss. Beberapa pemandangan yang terlihat adalah lembah sungai Dunnern dan gunung Solothurn yang indah.

Selain menikmati keindahan alam, situs resmi Thal Nature Park mengatakan bahwa pengunjung juga bisa melakukan beragam aktivitas. Di antaranya adalah gowes dan mendaki.

Ada juga Kastel Alt-Frankenstein yang diperkirakan dibangun sekitar tahun 1100-an dan menawarkan koleksi penemuan arkeologi, senjata, sejarah perindustrian di sana, dan budaya lokal.

Jika ingin foto-foto dengan vibe jadul, kamu bisa berkunjung ke Ramiswil Mill yang sudah ada sejak abad ke-16.

Mau coba pengalaman museum yang sedikit berbeda? Jangan lupa kunjungi Museum Haarundkamm untuk melihat cerita tentang sisir, gaya rambut, serta hal-hal menarik lainnya.

Thal Nature Park buka setiap Senin-Jumat pukul 09.00-12.00 waktu setempat dan pukul 14.00-17.00 waktu setempat.


3. Maison Cailler

Maison Cailler berlokasi di Rue Jules Bellet 7, Broc. Jarak dari Lindt Home of Chocolate adalah sekitar 198 km atau 2 jam 10 menit naik mobil. Apabila kamu mengunjungi Thal Nature Park, jarak dari tempat wisata tersebut adalah sekitar 115 km atau 1 jam 14 menit.

“Cokelat Cailler ini diproduksi di daerah yang berbahasa Perancis. Cokelat ini sudah 200 tahun usianya, pada 1819 mulai ada. Cailler ini dikenal sebagai merek cokelat terkuat di Swiss,” kata Herry.

Menurut informasi dalam situsnya, wisatawan yang berkunjung akan dibawa menjelajahi museumnya untuk melihat sejarah cokelat Cailler melalui deretan pengalaman interaktif yang menarik.

Selama sekitar satu jam, pengunjung juga akan mempelajari sejarah cokelat mulai dari upacara cocoa Aztec. Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah melihat proses pembuatan cokelat di sana.

Jika masih memiliki banyak waktu, kamu bisa mengikuti workshop di Atelier du Chocolat untuk mempelajari seni pembuatan cokelat dari para ahli cokelat di Maison Cailler.

Wisatawan yang sudah mulai merasa lapar bisa langsung menuju Cafe Cailler untuk menikmati beragam minuman cokelat panas dan dingin, atau kudapan sambil membeli oleh-oleh, seperti cokelat Cailler, kaus, atau gelas.

Maison Cailler buka setiap hari pukul 10.00-17.00 waktu setempat. Harga tiket masuknya adalah mulai dari 12 Swiss franc untuk wisatawan berusia di atas 16 tahun. Di bawah 16 tahun bisa masuk gratis.

Jika ingin melakukan kunjungan grup, wisatawan terdiri dari minimal 10 orang dan maksimal 20 orang.

Mau jalan-jalan gratis ke Swiss? Ikuti Quiz on Article dengan klik artikel berikut: Lima Agenda yang Wajib Masuk Itinerari Saat Berlibur ke Swiss

Satu pemenang beruntung berkesempatan membawa satu mitra perjalanan untuk liburan gratis di Swiss selama tujuh malam. Hadiah sudah termasuk dua tiket pesawat pergi-pulang Indonesia-Swiss dengan maskapai Swiss International Airlines, satu kamar hotel bintang empat, serta dua Swiss Travel Pass yang berlaku untuk delapan hari.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/29/123252527/itinerary-seharian-wisata-cokelat-di-swiss-bisa-ke-mana-saja

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Water Blow di Nusa Dua Bali Kembali Dibuka untuk Turis

Water Blow di Nusa Dua Bali Kembali Dibuka untuk Turis

Travel Update
Catat, 5 Tips agar Barang Tidak Ketinggalan Saat Check-Out Hotel

Catat, 5 Tips agar Barang Tidak Ketinggalan Saat Check-Out Hotel

Travel Tips
Lion Air Akan Layani Rute Manokwari-Jayapura PP, Harga Mulai Rp 484.300

Lion Air Akan Layani Rute Manokwari-Jayapura PP, Harga Mulai Rp 484.300

Travel Update
10 Kafe Instagramable Dago Bandung, Bisa untuk Nongkrong dan Kerja

10 Kafe Instagramable Dago Bandung, Bisa untuk Nongkrong dan Kerja

Jalan Jalan
Sering Dilakukan, 16 Kesalahan Mengemas Barang di Koper Saat Liburan

Sering Dilakukan, 16 Kesalahan Mengemas Barang di Koper Saat Liburan

Travel Tips
Rute Menuju Ngopi di Sawah Bogor, Dekat Gerbang Tol Ciawi

Rute Menuju Ngopi di Sawah Bogor, Dekat Gerbang Tol Ciawi

Jalan Jalan
7 Tempat Makan dengan View Laut di Jakarta, Cocok untuk Lihat Sunset

7 Tempat Makan dengan View Laut di Jakarta, Cocok untuk Lihat Sunset

Jalan Jalan
Obelix Hills, Wisata Selfie Kekinian dengan View Keren di Yogyakarta

Obelix Hills, Wisata Selfie Kekinian dengan View Keren di Yogyakarta

Jalan Jalan
Water Blow Peninsula Nusa Dua Kembali Buka untuk Umum, Segini Tiketnya

Water Blow Peninsula Nusa Dua Kembali Buka untuk Umum, Segini Tiketnya

Travel Update
Indonesia dan Kamboja Lanjutkan Kerja Sama Bidang Pariwisata, Ini 6 Fokusnya

Indonesia dan Kamboja Lanjutkan Kerja Sama Bidang Pariwisata, Ini 6 Fokusnya

Travel Update
Promo Wisata Garuda Indonesia ke 5 Destinasi Super Prioritas

Promo Wisata Garuda Indonesia ke 5 Destinasi Super Prioritas

Travel Promo
Tren Wisata pada Tahun Macan Air, Ini Penjelasannya Menurut Feng Shui

Tren Wisata pada Tahun Macan Air, Ini Penjelasannya Menurut Feng Shui

Travel Update
Megahnya Predjama, Kastel Terbesar Dunia yang Dibangun di Mulut Gua

Megahnya Predjama, Kastel Terbesar Dunia yang Dibangun di Mulut Gua

Jalan Jalan
Berencana Jalan-jalan? Simak Dulu Peruntungan 12 Shio Sepanjang 2022

Berencana Jalan-jalan? Simak Dulu Peruntungan 12 Shio Sepanjang 2022

Travel Tips
Kenapa Hotel Masih Sediakan Sabun Batang, Ini Alasannya

Kenapa Hotel Masih Sediakan Sabun Batang, Ini Alasannya

Travel Update
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.