Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Lengkap ke Museum Patah Hati di Chillax Jakarta

KOMPAS.com - Museum Patah Hati merupakan sebuah instalasi hasil kolaborasi antara Mahakax, Creativeintel, dan Haluu yang menawarkan pengalaman mengobati luka hati dengan cara yang lebih menyenangkan.

"Konsep Patah Hati ini jarang disentuh, tapi semua orang mengalaminya. Kita menghadirkan sesuatu yang tidak hanya bikin orang ketawa, tetapi juga relate," kata Chief Creative Officer (CCO) Mahakax Ishak Reza di lokasi, Rabu (5/7/2023).

Hadir dengan mengusung instalasi yang lebih berwarna sebagai obat patah hati, kini Museum Patah Hati untuk pertama kalinya hadir di Jakarta.

Pengunjung yang hendak mampir ke lokasi bisa simak panduan lengkap berikut.

Panduan lengkap ke Museum Patah Hati

Jam buka Museum Patah Hati

Museum Patah Hati digelar mulai 23 Juni hingga 22 Agustus 2023. Pengunjung bisa datang ke lokasi setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

"Pengunjung yang masuk ke dalam museum dibatasi setiap sesinya, jadi ada sekitar 12 hingga 14 orang dalam setiap ruangan," kata Reza.

Harga tiket masuk Museum Patah Hati

Apabila berkunjung saat hari biasa (weekdays), pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk Museum Patah Hati mulai dari Rp 69.000 per orang.

Sementara harga tiket masuk Museum Patah Hati saat akhir pekan (weekend) mulai dari Rp 89.000 per orang.

"Harga tiket tersebut belum termasuk pajak," kata petugas loket tiket Museum Patah Hati Bianca kepada Kompas.com di lokasi, Rabu (5/7/2023).

Cara beli tiket masuk Museum Patah Hati secara online

Tiket masuk Museum Patah Hati bisa di beli secara online melalui tautan yang dicantumkan di bio instagram resmi Museum Patah Hati @museum_patah_hati.

Atau bisa juga langsung klik tautan berikut: https://goers.co/tiketmph.

Setelah masuk ke dalam tautan, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pilih tanggal kunjungan, kemudian pilih jenis tiket.

2. Isi jumlah tiket yang hendak dibeli, lalu pilih "Beli Tiket".

3. Isi data diri berupa nama, alamat email, jenis kelamin, dan nomor ponsel. 

4. Pilih "Lanjutkan" untuk menyelesaikan pembayaran.

5. Tiket elektronik nantinya akan dikirim ke nomor WhatsApp dan alamat email yang dicantumkan.

Calon pengunjung bisa membeli tiket masuk Museum Patah Hati di lokasi (on the spot).

Di loket tiket calon pengunjung bisa beli tiket dengan sistem pembayaran non-tunai (cashless).

"Metode pembayaran di sini cashless, tidak melayani pembayaran tunai maupun debit," kata petugas loket Museum Patah Hati Bianca kepada Kompas.com di lokasi.

Bianca mengatakan, setiap pembelian tiket masuk Museum Patah Hati, baik secara online maupun offline, pengunjung akan diberi voucher selama persediaan masih ada.

Di antaranya ada voucher nonton film Ganjil Genap, voucher Pizza Hut, dan voucher pembelian es krim di kawasan Chillax Sudirman.

1. Tidak boleh makan dan minum di dalam museum

Pengunjung Museum Patah Hati dilarang makan dan minum di dalam ruangan.

"Dilarang makan dan minum selama di dalam (ruangan), kalaupun membawa makanan dan minuman, bisa disimpan dahulu," kata Reza.

2. Dilarang putar balik

Aturan main di Museum Patah Hati ialah one way entrance.

Maksudnya, setelah melewati suatu ruangan, pengunjung tidak diperkenankan putar balik ke ruangan sebelumnya.

Larangan putar balik di dalam museum dimaknai seperti berjalan meninggalkan masa lalu. Apabila pengunjung putar balik, ini diartikan pengunjung tersebut tidak bisa melepas masa lalu alias belum bisa move on.

"Pengunjung tidak boleh balik ke belakang, itu sama dengan gagal move on," ungkap Reza.

3. Tidak boleh merokok dalam museum

Pengunjung Museum Patah Hati tidak diperkenankan merokok selama di dalam area museum.

"Di dalam (museum) tidak boleh merokok, tak terkecuali rokok elektrik dan vape," kata Reza.

4. Tidak boleh bawa tripod

Museum Patah Hati punya sejumlah spot foto Instagramable, maka tak jarang banyak dari pengunjung yang ingin mengabdikan momen.

Pengunjung bebas berfoto dan merekam video selama di dalam museum, asalkan hanya menggunakan ponsel pintar.

Aktivitas di Museum Patah Hati

1. Angkat beban, dapat emas

Di dekat spot "Sepanjang Jalan Kenangan" alias rak berisi barang mantan, terdapat sebuah kotak kaca berisi potongan hati.

Reza mengatakan, potongan besi berbentuk hati di dalam kontak ini filosofinya sama dengan hati seseorang yang masih tertahan pada masa lalunya.

Tugas pengunjung yaitu mengeluarkan potongan hati tersebut dari kotak kaca melalui celah kecil yang hanya bisa dimasuki oleh satu tangan saja.

Pengunjung yang berhasil mengeluarkan potongan hati dari dalam kotak kaca dimaknai berhasil mengambil hati sang pujaan hati yang masih tertinggal di masa lalunya.

Tidak hanya itu, pengunjung yang berhasil juga akan mendapatkan kepingan emas dari petugas nantinya.

2. Masuk Pojok Curhat

Pojok Curhat ini berada persis di sebelah rak barang mantan. Di tempat kedap suara ini, pengunjung bisa masuk dan curhat di telepon yang sudah disediakan.

Aktivitas ini layaknya sedang curhat kepada seseorang melalui telepon. Nantinya telepon terdengar seolah tersambung dengan seseorang yang mengatakan siap menjadi teman curhatmu.

3. Memukul samsak

Kesal karena patah hati bisa dilampiaskan di Museum Patah Hati, seperti memukul samsak yang tergantung di ruang Broken Heart.

Samsak yang disediakan pun cukup kuat menahan serangan pengunjung, meskipun kuat dan bertubi-tubi. Supaya lebih menghayati rasa kesal, pengunjung juga bisa memakai sarung tinju yang disediakan oleh petugas.

Sebagai salah satu cara mengungkapkan rasa sakit, di ruang Broken Heart ini pengunjung juga harus berteriak sembari mengucapkan "Sakit Banget, Kak!" agar pintu ruangan berikutnya terbuka.

4. Dengarkan lagu galau

Di salah satu Labirin Friendzone, ada ruangan khusus untuk mendengarkan lagu galau. Kapasitas ruangan ini hanya muat untuk tiga orang, jadi kamu perlu antre untuk masuk.

Akan ada headphone yang menggantung di ruangan, pengunjung cukup memakai headphone dan menghayati lagu galau sembari merenungi hati yang tersakiti.

5. Nyalakan lampu cinta

Patah hati terjadi saat perasaan seseorang tidak terbalas oleh hati yang dituju. Konsep inilah yang kemudian diangkat Museum Patah Hati di ruang "Cinta Bertepuk Sebelah Tangan".

Ketika masuk ruangan, pengunjung akan disambut dengan ruangan yang gelap. Ruangan tersebut akan terang oleh lampu saat pengunjung menekan tombol di tengah ruangan.

Seluruh lampu di dalam ruangan akan menyala, kecuali lampu bentuk hati berukuran besar. Lampu berbentuk hati ini tidak akan menyala sekuat apa pun pengunjung berusaha menekan tombol.

Reza mengatakan, ruangan ini hadir untuk kembali mengingatkan seseorang bahwa patah hati terjadi ketika cinta hanya datang dari satu pihak saja.

6. Tulis pesan untuk sang mantan

Di ruangan "Tinggal Kenangan", pengunjung bisa menuliskan pesan kepada orang-orang yang sudah menyebabkan patah hati. Entah itu kepada mantan, teman, ataupun seseorang yang istimewa.

Pesan tersebut bisa bersifat anonim, dan akan dipajang di dinding "Tinggal Kenangan". Cara ini sebagai langkah awal untuk meninggalkan masa lalu alias move on.

7. Meluncur di perosotan

Sebagai tanda pengunjung siap memasuki babak baru untuk move on dari patah hati, pengunjung akan meluncur di perosotan Slide to Move On.

Ketika meluncur, pengunjung bisa bebas teriak meluapkan emosi. Ditambah, petugas akan meneriaki "Selamat Move On!" ketika pengunjung mulai meluncur.

8. Coba photobox

Di dalam Museum Patah Hati terdapat sebuah photobox yang bisa dicoba oleh pengunjung. Harga berfoto di titik ini mulai dari Rp 28.000.

Kamu bisa berpose dan memamerkan wajah baru seseorang yang bahagia karena telah berhasil move on.

9. Beli suvenir

Di Museum Patah Hati terdapat pojok suvenir yang menjual baju dengan tulisan bertema patah hati dan move on.

Apabila tertarik membeli suvenir, pengunjung bisa membelinya langsung melalui barcode (kode batang) yang telah disediakan oleh petugas.

10. Berfoto

Jangan lewatkan mengabadikan momen seru sepanjang kamu melalui ruangan-ruangan dan berhasil keluar sebagai versi baru.

Ruangan di dalam Museum Patah Hati pun menarik, apalagi didukung dengan warna-warna cerah. Kamu bisa berpose dengan berbagai macam gaya di dalam ruangan.

Ada dua akses transportasi umum terdekat dari Museum Patah Hati, yaitu Staisiun MRT dan Halte TransJakarta.

Cara ke Museum Patah Hati naik MRT

Pengunjung yang hendak ke Museum Patah Hati naik MRT bisa turun di Stasiun MRT Setiabudi Astra.

Pengunjung yang datang dari arah Stasiun Lebak Bulus Grab, Stasiun Fatmawati Indomaret, Stasiun Cipete Raya, Stasiun Haji Nawi, Stasiun Blok A, Stasiun Blok M BCA, Stasiun ASEAN, Stasiun Senayan, Stasiun Istora Mandiri, dan Stasiun Bendungan Hilir, bisa naik MRT rute Lebak Bulus-Bundaran HI.

Sementara itu, pengunjung yang datang dari arah Stasiun Bundaran HI dan Stasiun Dukuh Atas BNI bisa naik MRT rute Bundaran HI- Lebak Bulus.

Setelah sampai di Stasiun MRT Setiabudi Astra, kamu bisa keluar ke arah Jalan Setiabudi.

Dari pintu keluar MRT Setiabudi Astra, pengunjung bisa jalan kaki sekitar lima menit ke gerbang masuk Chillax, jaraknya sekitar 300 meter.

Museum Patah Hati akan ditemui tepat di gerbang utama Chillax.

Cara ke Museum Patah Hati naik TransJakarta

Pengunjung yang hendak ke Museum Patah Hati juga bisa naik bus TransJakarta. Turunnya bisa di Halte Grand Sahid.

Adapun rute bus TransJakarta yang dilayani di Halte Grand Sahid, antara lain nomor 1P (rute Blok M-Senen), nomor 1N (rute Blok M-Tanah Abang), dan nomor 1T (rute Cibubur-Balai Kota).

Kemudian ada TransJakarta nomor 9D (rute Pasar Minggu-Tanah Abang), dan nomor 6D (rute Bundaran Senayan-Stasiun Tebet).

Lokasi Chillax sekaligus lokasi Museum Patah Hati berada tepat di seberang Halte Grand Sahid. Akses menyeberang terdekat bisa lewat pintu MRT Setiabudi Astra.

Tips berkunjung ke Museum Patah Hati

1. Ajak teman

Jika datang bersama satu atau dua teman, setidaknya pengunjung bisa masuk ke dalam ruangan museum bersama-sama.

Selain bisa menemanimu mengobati patah hati, teman juga bisa membantumu untuk memotret foto di dalam ruangan.

2. Bawa kamera ponsel

Museum Patah Hati punya banyak spot foto menarik yang sayang untuk dilewatkan. Maka dari itu, siapkan kamera ponsel terbaik untuk mendokumentasikan pengalaman.

Sebab, pengunjung tidak diperbolehkan membawa kamera profesional atau alat bantu untuk memotret, seperti tripod.

3. Pakai outfit sesuai

Bertolak belakang dengan keadaan patah hati yang umumnya identik dengan rasa sedih dan kelam, Museum Patah Hati hadir dengan warna dominan cerah ceria.

Oleh karena itu, hindari memakai pakaian berwarna gelap, contohnya hitam, dan baju yang terlalu bercorak.

Kompas.com menyarankan pengunjung untuk memakai pakaian berwarna cerah, misalnya pakaian berwarna pastel.

4. Tentukan waktu berkunjung

Sebaiknya hindari datang saat periode ramai, misalnya pada akhir pekan. Cobalah juga datang pada pagi hari.

Saat siang hari sekitar pukul 13.30 WIB, pengunjung yang datang tampak ramai, apalagi ketika menjelang sore.

Maka dari itu, Kompas.com menyarankan pengunjung untuk datang ketika museum baru buka yakni sekitar pukul 10.00 WIB.

5. Beli tiket online

Tiket masuk Museum Patah Hati bisa dibeli baik secara online maupun offline (luring). Guna mengantisipasi antre di loket, sebaiknya belilah tiket masuk Museum Patah Hati secara online.

Di lokasi, nantinya pengunjung cukup memperlihatkan e-ticket kepada petugas. Nantinya petugas akan memberikan gelang sebagai akses masuk museum.

6. Minta bantuan petugas

Butuh bantuan untuk memotret, tapi datang sendirian ke Museum Patah Hati?

Jangan khawatir, pengunjung juga bisa meminta bantuan petugas untuk memotret menggunakan ponselmu.

Petugas di Museum Patah Hati juga akan dengan senang hati membantu pengunjung untuk merekam video bila diperlukan.

1. Di Tunnel of Love

Tunnel of Love ialah lorong berbunga yang akan ditemui pengunjung setelah berkunjung dari spot Sepanjang Jalan Kenangan.

Reza mengatakan, lorong berbunga ini dimaknai sebagai suasana hati seseorang yang sedang bahagia saat masih bersama orang yang dicintai.

2. Di pintu Broken Heart

Usai melewati Tunnel of Love, pengunjung akan menemui ruangan Broken Heart. Di ruangan ini, pengunjung akan melihat seni instalasi berupa samsak bertuliskan sejumlah alasan orang putus cinta.

Misalnya ada tulisan "ditikung sendiri", "playboy", "mantan terindah", "kamu terlalu sempurna", dan "kang ghosting".

Samsak ini dihadirkan untuk dipukul, sebagai salah satu cara melampiaskan emosi karena patah hati. Tak ketinggalan dengan sarung tinju yang bisa dipakai oleh pengunjung.

3. Di Labirint Friendzone ruang sun flower

Di Labirin Friendzone, pengunjung akan melewati ruangan Sun Flower. Seperti namanya, ruangan ini penuh dengan gantungan bunga matahari, serta ada bagian kaca besar di bagian bawah.

4. Di labirin Friendzone Rintangan

Di Labirin Friendzone juga terdapat ruang Rintangan. Pengunjung bisa berpose di antara lampu dominan warna merah muda yang melintang di depan kaca besar, serta mirror selfie.

5. Di ruang Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Ruangan Cinta Bertepuk Sebelah Tangan termasuk ruangan yang cukup "ramai", karena dipenuhi aneka lampu warna warni dan kalimat bijak yang umum dikatakan ketika seseorang patah hati.

Pengunjung bisa berpose di salah satu sudut ruangan, seperti sudut dengan tulisan "Kamu Hilang Aku Healing".

6. Di ayunan di ruang Radient Garden

Radient Garden ialah ruangan yang dominan dengan warna ungu dan silver, dilengkapi dengan kaca berukuran besar yang memenuhi seisi ruangan.

Di ruangan ini, pengunjung bisa foto di ayunan yang bertuliskan "New Look, New Life, New Love".

Reza mengatakan, di ruangan ini pengunjung diajak untuk kembali mencintai diri sendiri dan bersiap untuk move on.

7. Di jendela kuning di ruangan Slide to Move On

Slide to Move on ialah ruangan yang menjadi langkah awal seseorang untuk meninggalkan yang lalu dan menyambut yang baru.

Ruangan ini didominasi dengan warna kuning dan merah muda. Salah satu spot foto yang bisa dicoba yaitu di bagian jendela berwarna kuning.

8. Di bola di ruangan Slide to Move On

Setelah meluncur di seluncuran "Slide to Move on", pengunjung akan disambut dengan banyaknya bola berwarna kuning.

Kamu bisa berfoto seolah sedang tidur di antara banyaknya bola. Untuk pose ini, sebaiknya gambar dipotret tepat di atas wajah supaya foto yang dihasilkan nampak lebih presisi.

9. Di ruang Tinggal Kenangan

Di ruang tinggal kenangan terdapat gantungan bertuliskan kata-kata bijak seseorang yang sedang berusaha untuk move on.

Beberapa di antaranya seperti "Luka, luka, lupa", "Jangan kecil hati, pasti ada pengganti", "Stay cool walau jiwa terpukul", dan "Tetap haha-hihi melulu walau di hati huhu-huhu".

10. Di Klinik Romantika

Di dekat ruang suvenir terdapat spot Klinik Romantika, yaitu spot dominan warna biru yang menggambarkan penyebab seseorang patah hati.

Spot ini mengusung tema kesehatan, tepatnya mirip apotek, lengkap dengan pil obat, stetoskop, dan kaca sebagi properti foto.

https://travel.kompas.com/read/2023/07/07/115244627/panduan-lengkap-ke-museum-patah-hati-di-chillax-jakarta

Terkini Lainnya

6 Cara Cegah Kehilangan Koper di Bandara, Simak Sebelum Naik Pesawat

6 Cara Cegah Kehilangan Koper di Bandara, Simak Sebelum Naik Pesawat

Travel Tips
Maskapai Penerbangan di Australia Didenda Rp 1,1 Miliar karena Penerbangan Hantu

Maskapai Penerbangan di Australia Didenda Rp 1,1 Miliar karena Penerbangan Hantu

Travel Update
China Terapkan Bebas Visa untuk 11 Negara di Eropa dan Malaysia

China Terapkan Bebas Visa untuk 11 Negara di Eropa dan Malaysia

Travel Update
Pelepasan 40 Bhikku Thudong untuk Waisak 2024 Digelar di TMII

Pelepasan 40 Bhikku Thudong untuk Waisak 2024 Digelar di TMII

Travel Update
Daftar Planetarium dan Observatorium di Indonesia

Daftar Planetarium dan Observatorium di Indonesia

Jalan Jalan
Harga Tiket dan Jam Buka Gereja Ayam Bukit Rhema di Borobudur

Harga Tiket dan Jam Buka Gereja Ayam Bukit Rhema di Borobudur

Travel Update
Bali Maritim Tourism Hub, Gerbang Penghubung Pariwisata di Indonesia Timur

Bali Maritim Tourism Hub, Gerbang Penghubung Pariwisata di Indonesia Timur

Travel Update
Banyak Kasus Pungutan Parkir Liar di Tempat Wisata, Digitalisasi Tiket Parkir Jadi Solusi

Banyak Kasus Pungutan Parkir Liar di Tempat Wisata, Digitalisasi Tiket Parkir Jadi Solusi

Travel Update
Ramai soal Video Pejabat Ajak Turis Korea Selatan Mampir ke Hotel, Ini Kata Sandiaga

Ramai soal Video Pejabat Ajak Turis Korea Selatan Mampir ke Hotel, Ini Kata Sandiaga

Travel Update
Cuaca Cerah, Wisata Lembah Oya Kedungjati di Bantul Sudah Buka Lagi

Cuaca Cerah, Wisata Lembah Oya Kedungjati di Bantul Sudah Buka Lagi

Travel Update
Ini 10 Tempat Wisata Luar Ruangan di Jakarta yang Bisa Dikunjungi

Ini 10 Tempat Wisata Luar Ruangan di Jakarta yang Bisa Dikunjungi

Jalan Jalan
Imbas Kecelakaan Bus Pariwisata di Subang, Sandiaga Berharap Potensi Studi Tur Tidak Berkurang

Imbas Kecelakaan Bus Pariwisata di Subang, Sandiaga Berharap Potensi Studi Tur Tidak Berkurang

Travel Update
Larangan di Umbul Nilo, Pemandian Sebening Kaca di Klaten

Larangan di Umbul Nilo, Pemandian Sebening Kaca di Klaten

Travel Update
Ngargoyoso Waterfall, Wisata Air Terjun Baru di Karanganyar

Ngargoyoso Waterfall, Wisata Air Terjun Baru di Karanganyar

Jalan Jalan
Kecelakaan Bus Pariwisata di Subang, Masyarakat Diingatkan Cek Kelayakan Bus di Spionam

Kecelakaan Bus Pariwisata di Subang, Masyarakat Diingatkan Cek Kelayakan Bus di Spionam

Travel Update
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke