Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beragam Cara Menuju Desa Negeri Hila Maluku, Titik Nol Jalur Rempah

KOMPAS.com - Desa Wisata Negeri Hila di Kabupaten Maluku Tengah bisa menjadi pilihan destinasi untuk dikunjungi saat sedang berada di Provinsi Maluku.

Desa ini pernah meraih juara satu untuk kategori pengelola homestay di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Desa Wisata Negeri Hila terletak di pesisir utara Pulau Ambon, sekitar 37 kilometer dari pusat kota Ambon, dengan populasi mencapai 6.850 jiwa.

Ada beberapa destinasi sejarah di desa ini yang populer, seperti Benteng Amsterdam yang dibangun pada 1642 oleh Gerrard Demmer. Benteng itu kemudian dijadikan gudang rempah pertama di Indonesia.

Hal itu menjadi salah satu alasan Desa Wisata Negeri Hila disebut sebagai titik nol jalur rempah dunia.

"Ini (Desa Wisata Negeri Hila) merupakan titik nol dan awal mula dari jalur rempah dunia," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, dikutip dari laman Kemenparekraf.

"Desa ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin mengenal lebih banyak sejarah tentang kekayaan budaya di Indonesia."

Selain benteng tersebut, terdapat pula peninggalan sejarah lainnya seperti Gereja Tua Imanuel Hila, dan Mushaf Al-Quran yang ditulis tangan hampir 1.000 tahun lalu.

Cara menuju Desa Wisata Negeri Hila

Dilansir dari laman Jadesta Kemenparekraf, Desa Wisata Negeri Hila terletak di dataran rendah dan sedikit berbukit ke arah selatan menuju Negeri Hative Besar di Kotamadya Ambon.

Bagi yang ingin berkunjung ke sini, ada beberapa cara yang dapat ditempuh, yakni:

  • Apabila berangkat dari Terminal Bus Umum/Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) trayek Hila - Ambon di Kota Ambon yang beroperasi 24 jam, waktu tempuh selama 60 menit dengan biaya sekali jalan Rp.15000.
  • Wisatawan juga bisa menyewa bus angkutan umum yang beroperasi di dalam dan luar kota Ambon, baik Bus Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) atau bus angkutan umum lainnya dari kota Ambon. Waktu tempuhnya sekitar 60 menit, dengan biaya Rp.300.000.

https://travel.kompas.com/read/2023/07/07/151111327/beragam-cara-menuju-desa-negeri-hila-maluku-titik-nol-jalur-rempah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke