Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wisata Tabek Patah: Sejarah dan Daya Tarik

Kompas.com - 23/04/2024, 11:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Desa Wisata Tabek Patah di Salimpaung, Tanah Datar, Sumatera Barat, menawarkan pesona alam yang memukau dan budaya yang kaya. Desa ini dikelilingi oleh hamparan sawah hijau yang luas dan pegunungan yang menawan.

Di Desa Wisata Tabek Patah, kamu bisa merasakan kegiatan menarik, seperti trekking di sawah, belajar membajak sawah dengan kerbau, dan mencicipi kuliner khas yang menggugah selera.

Baca juga:

Sejarah Desa Wisata Tabek Patah

Dilansir dari laman Jadesta, Desa Tabek Patah di Salimpaung, Tanah Datar, Sumatera Barat, memiliki nama yang berasal dari legenda dua kolam yang terbelah, menurut penuturan sejarah lisan.

Dahulu kala, di kaki sebuah bukit yang bernama "Puncak Pela", terdapat sebuah kolam besar yang bagaikan danau. Suatu hari, bencana alam dahsyat terjadi, bukit Puncak Pela runtuh dan menimpa kolam tersebut.

Peristiwa ini mengakibatkan kolam terbelah menjadi dua bagian, yaitu Talago Aia Pakih atau Telaga yang diselimuti tumbuhan Pakis dan Talago Aia Tagonang atau Telaga dengan genangan air yang banyak.

Sejak saat itu, masyarakat di sekitar kolam yang terbelah ini mulai menyebutnya sebagai Desa Tabek Patah, yang memiliki arti, Kolam yang terbagi karena bukit yang runtuh.

Cerita legenda ini mencerminkan kekuatan alam yang luar biasa dan bagaimana masyarakat beradaptasi dengan perubahan lingkungannya.

Ilustrasi panorama tabek patah.DOK.tabekpatah.desa.id Ilustrasi panorama tabek patah.

Daya tarik Desa Wisata Tabek Patah

Desa Wisata Tabek Patah, bagaikan mutiara tersembunyi di kaki Gunung Singgalang, menawarkan pesona alam yang memukau dan keramahan budaya Minangkabau yang tak terlupakan.

Di sini, para pengunjung bisa menemukan panorama alam yang menjadi primadona, yaitu Talago Aia Pakih dan Talago Aia Tagonang, dua telaga kembar yang menyimpan legenda menarik tentang bukit runtuh.

Ada beberapa daya tarik wisata yang bisa dinikmati di Tabek Patah, seperti di Bukit Puncak Batubadindiang yang mana kamu bisa jelajahi dan rasakan sensasi panorama 360 derajat yang tak terlupakan.

Desa Wisata Tabek Patah juga menghadirkan konsep wisata alam dan edukasi. Pengunjung tak hanya menikmati keindahan alam, tetapi juga mendapatkan pengetahuan dan pengalaman berwisata yang semakin menyenangkan.

Fasilitas di Desa Wisata Tabek Patah terbilang lengkap seperti,

  • Area Parkir yang luar
  • ATM dari beberapa bank
  • Aula
  • Foodcourt
  • Kamar Mandi Umum
  • Musholla
  • Spot foto

Lokasi Desa Wisata Tabek Patah

Alamat dari desa wisata yang satu ini berada di Nagari Tabek Patah Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com