Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wisata Alahan Panjang di Sumatera Barat, Punya Panorama 5 Danau

Kompas.com - 12/02/2024, 21:48 WIB
Nuril Laili Azizah,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber Jadesta

KOMPAS.com - Kabupaten Solok, Sumatera Barat, memiliki desa wisata dengan panorama gunung dan danau. Namanya Desa Wisata Alahan Panjang.

Terletak di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl), desa wisata ini menawarkan panorama Gunung Talang yang masih aktif, serta lima danau.

Simak penjelasan tentang Desa Wisata Alahan Panjang, dikutip dari laman resmi Jejaring Desa Wisata (Jadesta), Senin (12/2/2024):

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Baca juga:

Daya tarik Desa Wisata Alahan Panjang

Salah satu daya tarik Desa Wisata Alahan Panjang adalah danau. Terdapat lima danau yang bisa dikunjungi di desa ini yaitu Danau Diatas, Dibawah, Danau Talang, Danau Diateh, dan Danau Singkarak.

Setiap danau memiliki daya tarik masing-masing. Danau Diateh, misalnya, disebut memiliki air yang jernih dan area tepi danau yang hijau. 

Adapun Danau Diateh diyakini sebagai punya kembaran yaitu Danau Dibawah. 

Ilustrasi hamparan sawah di Desa Wisata Alahan Panjang di Solok, Sumatera Barat.Dok. Jejaring Desa Wisata Ilustrasi hamparan sawah di Desa Wisata Alahan Panjang di Solok, Sumatera Barat.

Selain danau dan gunung, wisatawan bisa melihat pemandangan hamparan sawah yang dikelola masyarakat setempat. Hasil tani yang ada, di antaranya terong pinus dan markisa.

Wisatawan bisa sembari melepas penat menikmati panorama perbukitan dan danau. Mereka juga bisa berfoto dengan latar pemandangan alam.

Jika ingin menikmati pemandangan lebih lama, wisatawan dapat berkemah di area camping ground yang disediakan, atau menginap di beberapa akomodasi setempat.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com