Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Tempat Bersejarah Dekat Museum Perumusan Naskah Proklamasi

KOMPAS.com - Museum Perumusan Naskah Proklamasi ialah saksi bisu saat para pejuang bangsa merumuskan teks proklamasi jelang Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Wisatawan yang berkunjung ke museum ini bisa langsung melihat tempat yang dulu menjadi lokasi perumusan, pengetikan, dan pengesahan teks proklamasi oleh Soekarno dan Mohammad Hatta.

  • Sejarah Singkat Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Dibangun sejak 1920
  • 3 Tempat di Jakarta untuk Mengenang Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan

"Ketika perumusan naskah proklamasi, para pemuda menunggu di ruang pengesahan," kata petugas Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Ides kepada Kompas.com di lokasi, Minggu (30/7/2023)

Museum ini beralamat di Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Usai berkunjung ke Museum Perumusan Naskah Proklamasi, wisatawan juga bisa melanjutkan perjalanan dengan berkunjung ke tempat bersejarah di dekatnya.

Setidaknya ada tiga lokasi bersejarah terdekat dari Museum Perumusan Naskah Proklamasi, berikut selengkapnya.

Wisata sejarah dekat Museum Perumusan Naskah Proklamasi

1. Masjid Agung Sunda Kelapa

Masjid Agung Sunda Kelapa ialah masjid pertama yang dibangun di kawasan Mentang setelah Indonesia merdeka. Lokasinya ada di Jalan Taman Sunda Kelapa Nomor 16, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Jaraknya sekitar 200 meter dari Museum Perumusan Naskah Proklamasi sehingga bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar lima menit.

Dikutip dari Kompas.com, Kamis (6/4/2023), pembangunan masjid ini sudah dimulai sekitar tahun 1951, namun proses pembangunan sempat terhenti akibat sejumlah kendala.

Beberapa kendala yang dihadapi, antara lain peristiwa Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S PKI) dan terbatasnya dana pembangunan.

Pembangunan masjid mulai direalisaikan sekitar tahun 1968, lalu diresmikan pada tahun 1971.

Keunikan dari Masjid Agung Sunda Kelapa yakni tidak memiliki kubah seperti masjid pada umumnya. Atap masjid dibuat berbentuk seperti kapal karena mengambil sejarah Jakarta sebagai kota pelabuhan.

Museum Sasmitaloka Pahlawan Revolusi ialah lokasi yang menjadi saksi bisu tewasnya Jenderal Ahmad Yani terkait G30S PKI.

Museum ini berlokasi di Jalan Lembang Nomor 7, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Jaraknya sekitar satu kilometer dari Museum Perumusan Naskah Proklamasi, dan dapat ditempuh dengan jalan kaki sekitar 12 menit atau naik sepeda motor sekitar lima menit.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Selasa (4/4/2023), di museum ini wisatawan akan mengetahui bagaimana kronologi penembakan Jenderal Ahmad Yani.

Pengunjung pun bisa melihat jejak penembakan berupa bekas peluru yang mengenai beberapa bagian rumah, seperti pintu, kaca, lukisan, dan lemari.

Adapun barang-barang yang dipajang di museum ini masih asli milik Jenderal Ahmad Yani dan keluarga.

Bila hendak berkunjung, Museum Sasmitaloka Pahlawan Revolusi terbuka gratis untuk umum setiap Selasa-Minggu mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Tempat bersejarah selanjutnya yang bisa dikunjungi yaitu rumah Raden Saleh di Jalan Raden Saleh Raya Nomor 42, Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Jaraknya sekitar 3,2 kilometer dari Museum Perumusan Naskah Proklamasi, dengan waktu tempuh sekitar delapan menit menggunakan sepeda motor.

Raden Saleh ialah pelukis asal Indonesia, salah satu karyanya yang terkenal adalah Penangkapan Pangeran Diponegoro, dikutip dari laman Kompas.com, Minggu (9/7/2023).

  • Sejarah Singkat Rumah Raden Saleh di Cikini
  • 4 Tips Berkunjung ke Rumah Raden Saleh di Jakarta

Menurut pemandu wisata dari klub Wisata Kreatif Jakarta Adjie Hadipriawan, rumah ini dulunya dibangun oleh Raden Saleh sendiri dengan gaya neo-klasik, pseudo-gotik, vernakular, dan moor.

Rumah Raden Saleh diperkirakan dibangun sekitar tahun 1851-1880. Wisatawan yang hendak berkunjung ke rumah Raden Saleh sebaiknya menghubungi pihak Yayasan Kesehatan PGI Cikini terlebih dahulu guna memperoleh akses masuk.

https://travel.kompas.com/read/2023/08/02/060600627/3-tempat-bersejarah-dekat-museum-perumusan-naskah-proklamasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke