Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toko Sepatu Lokal di The Hallway Bandung, Banyak Diminati Turis Asing

KOMPAS.com - Ada puluhan tenant produk lokal yang bisa ditemukan di The Hallway Space, ruang kreatif dan komunitas lokal di Pasar Kosambi, Bandung. 

Memiliki kualitas yang tidak kalah dengan merek asing, harga yang lebih terjangkau juga membuat produk-produk lokal di The Hallway banyak diburu orang luar negeri.

Salah satunya di toko sepatu Gudang Warrior, yang berlokasi di Blok D no 3A-4A The Hallway Space, Pasar Kosambi. 

"Ini semua sebagian besar brand lokal, yang kualitasnya sudah mendunia. Karena orang luar banyak yang beli, Singapura, Malaysia. Jadi industri sepatu di Indonesia menang," kata Manajer Area The Hallway, Asep Dedi, saat ditemui Kompas.com di lokasi, Sabtu (5/8/2023). 

Ia mengatakan, di tingkat Asia, Indonesia cukup unggul dalam produk lokal seperti sepatu. Meski masih di bawah Jepang dan Korea, ia menilai produk lokal Indonesia perlahan bisa sejajar dengan kedua negara tersebut. 

"Di sini (The Hallway) brand Bandung semua, kebanyakan produksinya di Bandung," imbuhnya.

Asep menjelaskan, kebanyakan dari wisatawan mancanegara datang berkunjung ke Hallway pada akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu. 

"Dikunjungi sama anak-anak muda Korea, Singapura, Malaysia. Sabtu Minggu tepatnya agak pagian itu mereka datang," terang Asep. 

Lebih lanjut, kata dia, usai mengobrol dengan para wisatawan mancanegara itu, ia mendapat informasi bahwa The Hallway dikenal lewat media sosial seperti TikTok, Youtube, dan Instagram. 

"Sama biro perjalanan Bandung (seperti) travel itu promosiin juga. The Hallway juga terkenal bukan dari branding manajemen saja, tapi konten-konten media sosial," tuturnya. 

Usai produksi selama kurang lebih enam tahun, Asep mengungkapkan, rupanya produk sepatu lokal termasuk cukup digandrungi dan laku keras.

Menurutnya, para generasi muda bangsa sudah lebih menghargai produk negaranya sendiri.

Produk-produk lokal seperti sepatu di Gudang Warrior, kata dia, seringkali telah disejajarkan dengan merek luar negeri seperti salah satunya Converse. 

"Mereka (wisatawan asing) pada belanja dong, enggak cuma nanya-nanya. Kenapa? karena harga di Indonesia jauh lebih murah dari negaranya, sama kualitasnya sama. Di sana bisa Rp 1,2 juta, di sini Rp 400.000," kata Asep.

Lebih lanjut, kata dia, beberapa orang Malaysia bahkan ada yang membeli di sana untuk dijual kembali di negaranya. 

"Makanya orang Malaysia suka beli di sini, beli (di toko) online-nya juga. Mereka foto-foto, terus baru beli online, kaya jastip," ujarnya. 

Saat hari-hari biasa, Asep menjelaskan, rata-rata penjualan produk sepatu lokal di toko tersebut bisa mencapai 200-300 buah per bulan. 

Adapun saat momen tertentu seperti libur sekolah atau kenaikan kelas, hari raya, atau waktunya kembali kuliah usai libur panjang, produknya bisa tembus angka 1.000 buah per bulan. 

Tidak hanya Gudang Warrior, kata Asep, sejumlah toko di The Hallway juga menjual produk lokal dengan kualitas tak kalah dari brand luar negeri, namun harganya lebih terjangkau. 

Tak jarang juga produk-produk tersebut umumnya hanya memiliki toko offline di The Hallway. Penjualan mereka sebelumnya lebih banyak melalui online, sehingga toko di Hallway pun banyak diburu. 

The Hallway Space berlokasi di Pasar Kosambi, Jalan Kebon Pisang, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam bukanya adalah setiap Senin-Minggu, pukul 11.00-22.00 WIB. 

https://travel.kompas.com/read/2023/08/09/101100727/toko-sepatu-lokal-di-the-hallway-bandung-banyak-diminati-turis-asing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke