Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Wisata Alam di Makassar, Ada Pantai dan Pulau

KOMPAS.com - Makassar merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan sekaligus salah satu kota terbesar di Indonesia. Kota yang dulunya bernama Ujung Pandang ini, menghadap langsung ke Selat Makassar.

Dengan lokasinya itu, tidak heran jika Makassar mempunyai kekayaan wisata bahari. Selain pantai, ada beragam wisata alam di Makassar yang menawarkan panorama indah.

  • Pantai Indah Bosowa di Makassar: Jam Buka dan Harga Tiket
  • Hutan Mangrove, Daya Tarik Utama Desa Wisata Lantebung di Makassar

Wisata alam di Makassar 

Kompas.com merangkum wisata alam di Makassar sebagai berikut:

Pantai Losari merupakan salah satu ikon Kota Makassar. Berkunjung ke Kota Makassar belum lengkap tanpa menyambangi pantai yang menjadi destinasi favorit warga setempat ini.

Daya tarik Pantai Losari adalah panorama sunset di Selat Makassar yang indah. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (31/1/2022), Pantai Losari mempunyai sejumlah spot wisata seperti Anjungan Pantai Losari, Fort Rotterdam, Pusat Perbelanjaan Somba Opu, kawasan kuliner, dan sebagainya.

Dari sekian banyak spot wisata tersebut, Anjungan Pantai Losari merupakan favorit wisatawan. Destinasi berupa ruang terbuka publik ini menawarkan pemandangan indah ke Selat Makassar, Masjid Terapung, Masjid 99 Kubah, dan sebagainya.

Pantai Akkarena menawarkan panorama yang tidak kalah menariknya dari Pantai Losari. Wisatawan bisa menikmati panorama sunset eksotis sembari bersantai di hamparan pasir atau di bangku-bangku yang tersedia, seperti dikutip dari Kompas.com (18/8/2023). 

Pantai yang buka pada 1998 ini, juga menawarkan fasilitas tempat makan, kafe, dan olahraga air. Beberapa olahraga air yang bisa dijajal, antara lain banana boat, jetski, bicycle water, dan pedal duck bike. 

Jika ingin berkunjung, lokasinya berada Jalan Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. Pada hari biasa, harga tiket masuknya mulai Rp 10.000, sedangkan pada akhir pekan harga tiket masuknya mulai Rp 15.000.

3. Pantai Tanjung Bayang 

Pantai populer di Makassar lainnya adalah Pantai Tanjung Bayang, yang berlokasi di Jalan Metro Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. 

Ada beragam aktivitas wisata di Pantai Tanjung Bayang seperti naik wahana, hunting foto, atau sekadar santai di pinggir pantai. Berdasarkan informasi dari Tribun News Wiki, ada tongkrongan kekinian di Pantai Tanjung Bayang, yakni Zona Nyaman The Beachstone Cafe.

Kafe ini mengadopsi suasana kafe-kafe di Bali, sehingga menarik minat wisatawan. Jika ingin berkunjung ke Pantai Tanjung Bayang, wisatawan akan dikenai tiket masuk mulai dari Rp 10.000 per orang.

Pantai Bosowa Tanjung berlokasi di Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. Salah satu daya tarik pantai ini adalah panorama sunset yang eksotis, seperti dikutip dari Kompas.com (17/8/2023)

Wisatawan bisa menikmati panorama sunset, sembari duduk santai di tepi pantai. Tidak hanya itu, ombak di pantai ini cukup tenang sehingga wisatawan bisa bermain air ataupun berenang. 

Pada hari biasa harga tiket masuknya mulai Rp 10.000, sedangkan pada akhir pekan harga tiket masuknya mulai Rp 15.000.

  • 5 Pesona Masjid 99 Kubah Makassar yang Punya Arsitektur Unik
  • Pantai Akkarena di Makassar: Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

5. Pantai Layar Putih 

Pantai ini masih berada dalam satu kawasan dengan Pantai Tanjung Bayang. Tepatnya di Kelurahan Tanjung Merdeka, Kota Makassar.

Pantai Layar Putih merupakan salah satu tempat favorit untuk menikmati panorama sunset di Selat Makassar. Ada sejumlah gazebo di pinggiran pantai yang tersedia bagi wisatawan.

Pengunjung tidak dipungut tiket masuk saat berkunjung ke Pantai Layar Putih. Namun, ada tarif retribusi parkir Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Selain wisata pantai, para pelancong bisa mampir ke satu-satunya hutan mangrove di Kota Makassar, yakni Mangrove Lantebung. Lokasinya berada di Desa Wisata Lantebung, Kelurahan Wira, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar.

Kawasan mangrove seluas 30 hektar ini, merupakan pelindung permukiman warga dari ombak dan angin kencang, berdasarkan informasi dari Kompas.id. Mangrove telah menjadi bagian dari kehidupan penduduk Lantebung, bahkan sebelum 1970-an.

Keberadaan mangrove Lantebung sempat habis, namun masyarakat setempat kembali menanam tumbuhan pesisir tersebut setelah menyadari pentingnya keberadaan mangrove. Kini, mangrove Lantebung menjadi salah satu destinasi wisata alam di Makassar.

Samalona merupakan sebuah pulau kecil yang berada di Selat Makassar. Secara administratif, Pulau Samalona masuk dalam wilayah Kelurahan Lae-Lae, Kecamatan Mariso, Kota Makassar. 

Daya tarik Pulau Samalona adalah hamparan pasir putih yang mengelilinginya dan keindahan panorama bawah laut, berdasarkan informasi dari Kompas.com (28/5/2023).

Pulau seluas 2 hektare ini, dikelilingi dengan air laut biru jernih, sehingga wisatawan bisa melihat terumbu karang dan ikan dari permukaan laut. Diving dan snorkeling adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Pulau Samalona.

8. Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke adalah pulau tidak berpenghuni yang berada di Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar. Meskipun tak berpenghuni, namun terdapat fasilitas resort dan gazebo bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Kodingareng Keke. 

Daya tarik pulau yang berada di Selat Makassar ini adalah dikelingi hamparan pasir putih dan panorama bawah laut yang menawan. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (12/12/2022), pengunjung dapat melihat beragam terumbu karang, gerombolan ikan, dan biota laut lainnya. 

Ada beragam aktivitas wisata di Pulau Kodingareng Keke, seperti snorkeling, diving, berenang, foto, wisata kuliner, dan lainnya.

9. Pulau Kayangan

Kayangan merupakan sebuah pulau kecil yang masuk wilayah Desa Bulo Gading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar. Daya tarik Pulau Kayangan adalah hamparan pasir putih dan panorama bawah laut yang indah.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (23/6/2022), dari Pulau Kayangan, wisatawan bisa menyaksikan Kota Makassar di kejauhan. Pulau seluas 2 hektare ini, dikelilingi dengan gugusan karang yang indah.

Ada beragam aktivitas yang dapat dilakukan di Pulau Kayangan, seperti snorkeling, diving, camping, hunting foto, dan wisata kuliner. Kegiatan diving di pulau ini, menawarkan sensasi unik lantaran terdapat kapal karam sisa Perang Dunia II.

https://travel.kompas.com/read/2023/09/16/174000327/9-wisata-alam-di-makassar-ada-pantai-dan-pulau-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke