Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

54 Desa Wisata Terbaik 2023 Versi UNWTO, Ada dari Indonesia

KOMPAS.com - Organisasi Pariwisata Dunia (World Tourism Organization atau UNWTO) mengumumkan daftar desa wisata terbaik 2023 atau Best Tourism Village 2023, Kamis (19/10/2023).

Dalam penghargaan tahun ini, ada 54 desa terpilih dari 260 pengajuan di seluruh dunia. Acara ini memberikan penghargaan kepada sejumlah desa yang dinilai paling maju dalam membina area pedesaan dan menjaga lanskap, keberagaman budaya, nilai lokal, dan tradisi kuliner.

  • Desa Penglipuran Bali Raih Penghargaan Desa Wisata Terbaik 2023 dari UNWTO
  • Jadi Desa Wisata Terbaik Dunia 2023, Ketahui 7 Pesona Desa Penglipuran

"Inisiatif ini memberi penghargaan kepada desa-desa yang telah memanfaatkan pariwisata sebagai katalisator untuk perkembangan dan kesejahteraan mereka," terang Sekretaris Jenderal UNWTO, Zurab Pololikashvili, dikutip dari situs web resminya, Senin (23/10/2023).

Sejumlah desa dievaluasi berdasarkan sembilan bidang yaitu Sumber Daya Alam dan Budaya, Promosi dan Konservasi Sumber Daya Budaya, Keberlanjutan Ekonomi, Keberlanjutan Sosial, Keberlanjutan Lingkungan, serta Pengembangan Pariwisata dan Integrasi Rantai Nilai.

Selanjutnya ada juga Tata Kelola dan Prioritas Pariwisata, Infrastruktur dan Konektivitas, serta Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan. 

Adapun salah satu desa wisata dari Indonesia yang mendapat penghargaan tersebut adalah Desa Penglipuran di Bali. 

Berikut daftar 54 desa wisata terbaik 2023 versi UNWTO, dengan pemeringkatan berdasarkan huruf:

Selain Best Tourism Villages, ada dua pilar lainnya dari inisiatif ini yaitu Best Tourism Villages by UNWTO Upgrade Programme dan The Best Tourism Villages Network.

Adapun Best Tourism Villages by UNWTO Upgrade Programme mendukung sejumlah desa yang tengah menuju kriteria penghargaan Best Tourism Villages.

Ada tiga desa wisata di Indonesia yang terpilih untuk turut serta dalam Best Tourism Villages by UNWTO Upgrade Programme yaitu Desa Bilebante di Nusa Tenggara Barat (NTB), Desa Pela di Kalimantan Timur, dan Desa Taro di Bali. Berikut daftar lengkapnya:

https://travel.kompas.com/read/2023/10/23/184028727/54-desa-wisata-terbaik-2023-versi-unwto-ada-dari-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke