Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang Libur Nataru 2024, Pengelola Wisata Diimbau Tingkatkan Keselamatan

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengimbau para pengelola wisata untuk meningkatkan aspek keselamatan saat menyambut wisatawan jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

“Libur Nataru segera tiba. Oleh karena itu, kita harus menyiapkan terutama berkaitan dengan risiko bencana yang mungkin timbul dan juga karena musim penghujan yang sudah ada,” kata Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Senin (17/11/2023).

Ia menambahkan, para pelaku wisata harus dapat mengelola tempatnya dengan evaluasi dan prosedur agar semua kegiatan rekreasi berjalan aman dan menyenangkan.

“Destinasi-destinasi harus menyediakan keselamatan tambahan untuk wisata air seperti pelampung, alat penyelamat, dan juga peta yang jelas kepada para pengunjung untuk rute evakuasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia juga berpesan agar para pelaku wisata dapat memperhatikan kondisi cuaca saat periode liburan tersebut.

Bikin surat edaran

Menparekraf juga menyebut pihaknya akan menerbitkan surat edaran, untuk mengingatkan kembali para Dinas Pariwisata di daerah terkait standar keselamatan dan keamanan berwisata.

“Kami pastikan bahwa surat edaran, dan imbauan kepada dinas provinsi dan kabupaten kota juga bisa segera mengacu pada standar Nasional Indonesia (SNI) yaitu CHSE,” tuturnya.

Lebih lanjut, terkait kecelakaan di tempat wisata beberapa waktu lalu, Sandiaga menyebut pihaknya tidak akan membuat daftar destinasi mana yang berpotensi bahaya.

Namun, tempat-tempat wisata tetap harus dipastikan beroperasi sesuai dengan standar yang berlaku.

“Kami hanya akan memastikan bahwa destinasi yang akan dikunjungi itu melakukan pengecekan prosedur, infrastuktur, memastikan bahwa aman, nyaman, dan menyenangkan,” pungkasnya.

https://travel.kompas.com/read/2023/11/27/200800227/jelang-libur-nataru-2024-pengelola-wisata-diimbau-tingkatkan-keselamatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke